Cara Tepat Hilangkan Kapalan di Kaki dan Tangan

Pernah kulit di tapak kaki atau tangan kamu mengalami kapalan? Kapalan adalah kondisi jaringan kulit menjadi tebal mengeras yang membentuk lapisan kering dan berwarna gelap. Biasanya terjadi di bagian tubuh yang memiliki tulang menonjol seperti siku, lutut, mata kaki, tumit kaki dan telapak kaki. Kulit jari yang bergesekan dengan alat tulis, atau mencangkul dan lainnya setiap hari, bisa juga jadi kapalan.

Kapalan atau sel-sel kulit mati ini sebenarnya berfungsi melindungi jaringan di bawahnya. Dalam dunia medis, penebalan lapisan kulit ini disebut hiperkeratosis.

Sebenarnya kapalan bukanlah kondisi kulit yang sulit ditangani. Lalu bagaimana cara menghilangnya? Ternyata dengan bahan-bahan alami bisa juga dipakai melunakkannya.

Berikut beberapa cara alami menghilangkan kapalan;

1. Rendam dengan Air Hangat

Cara menghilangkan kapalan yang pertama adalah rendaman air hangat. Metode ini sesuai saran American Academy of Dermatology.

Rendam tangan atau kaki yang kapalan di dalam sebaskom air hangat selama 5-10 menit. Setelah itu, keringkan tangan atau kaki dengan digosok handuk. Kulit yang kapalan akan terasa lebih lunak dan mudah dikikis.

2. Urapi Cengkeh dan Lemon

Situs web kesehatan Health Me Up menyarankan cengkeh dan lemon sebagai cara menghilangkan kapalan. Campur air lemon dan cengkeh selama 15 menit. Kemudian keluarkan cengkeh dan usapkan air ramuan tersebut di kulit yang kapalan. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari.

3. Oleskan Ramuan Bawang Putih dan Cuka

Anda juga bisa mencoba ramuan bawang putih dan cuka. Setelah Anda mencampur kedua bahan tersebut di mangkuk, maka tempatkan mangkuk tersebut di tempat yang terkena cahaya matahari. Kemudian sebelum tidur, oleskan cairan ini. Kulit kapalan Anda akan melunak dan terkikis secara perlahan.

4. Oleskan Minyak Vitamin A atau Vitamin E

Vitamin A maupun vitamin E ternyata bisa digunakan untuk mengikis kulit yang kapalan di kaki. Setelah Anda mengoleskan vitamin tersebut di kulit, bungkus kaki Anda dengan kaus kaki. Biarkan minyak dari vitamin ini melunak dan membuat kulit yang kapalan hilang.

5. Tempelkan Kulit Lemon

Selain menggunakan air lemon, Anda bisa menempelkan kulit lemon di kulit yang kapalan. Agar tidak jatuh, Anda bisa membungkusnya dengan plester.

6. Rendam Castor Oil (Minyak Jarak)

Situs website Boldsky menyarankan agar kaki yang kapalan direndam castor oil atau minyak jarak. Rendam kaki ke dalam minyak kastor selama beberapa menit setiap hari. Cara ini dijamin ampuh untuk melunakkan bagian kulit yang mengeras.

7. Rendam di Larutan Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil yang diteteskan di dalam air hangat bisa menjadi rendaman yang berkhasiat untuk kaki atau tangan kapalan. Rendam kaki atau tangan tak lebih dari 15 menit, sebab kandungan tea tree oil cukup keras untuk kulit.

8. Oleskan Salep Berbahan Asam Salisilat

Penggunaan salep atau krim yang mengandung asam salisilat juga bisa membantu. Kandungan ini dapat menguraikan protein dan keratin yang terdapat pada lapisan kulit mati.

9. Rendam Larutan Garam Epsom

Cara menghilangkan kapalan terakhir yang bisa dicoba adalah merendam kaki atau tangan yang kapalan di dalam larutan garam epsom. Produk yang juga dikenal dengan nama magnesium sulfat ini terbentuk dari senyawa kimia yang mengandung magnesium, belerang, dan oksigen.

Garam epsom adalah eksfoliator alami. Larutkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam satu baskom air hangat. Gunakan untuk merendam kaki dan tangan yang kapalan.

Penutup

Seperti itulah cara menghilangkan kapalan yang bisa dicoba di rumah masing-masing. Lakukanlah secara teratur, supaya hasilnya kelihatan.

Berbagai sumber

  
Back to top button