Caranya Mengaktifkan dan Menggunakan Google Chat

Google Chat memungkinkan penggunanya mengadakan sesi chat dengan teman dan grup teman baik secara informal maupun formal. Yang pertama dapat dilakukan dua orang atau beberapa orang dalam apa yang disebut Google sebagai percakapan grup. Kemudian yang berikutnya dilakukan melalui area terpisah yang disebut Google sebagai Space.

Menurut Google, chat hanyalah cara bagi dua orang atau lebih untuk mengobrol bersama tanpa formalitas apa pun misalnya, jika Anda ingin segera membicarakan di mana akan bertemu untuk makan siang, kemudian akan membuat percakapan grup di antara teman-teman Anda. Setelah percakapan selesai dan percakapan akan dihapus setelah lima hari (penggunaan akun pribadi daripada akun Workspace).

Apabila aplikasi ini bisa berguna, yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan Google Chat untuk akun Gmail Anda. Untuk saat ini, dilakukan secara terpisah di browser dan perangkat seluler.

Aktifkan Google Chat di Aplikasi Seluler

Di bagian bawah layar, bukan hanya ikon Mail dan Meet, kini Anda juga memiliki ikon Chat dan Spaces.

Aktifkan Google Chat di Browser

Dulunya kotak Meet dan Hangouts ada di sisi kiri layar Gmail, dan ada kotak Chat, kotak Spaces, dan kotak Meet. Semua kontak yang sebelumnya diajak ngobrol melalui Hangouts akan muncul di kotak Obrolan baru; klik nama mereka, dan jendela pop-up kecil di kiri bawah akan menampilkan obrolan sebelumnya. (Perhatikan bahwa jika Anda memblokir siapa pun di Hangouts sebelumnya, pemblokiran itu tidak akan dibawa ke Obrolan.) Dan perhatikan tombol di sebelah kanan kotak telusur yang memungkinkan Anda memilih untuk aktif, pergi, atau tidak terganggu; kemudian juga dapat mengetik status sendiri.

Chat Melalui Web

Chat di Aplikasi Seluler

Membuat Ruang

Beberapa catatan tentang ruang: jika space atau ruang telah dibuat menggunakan akun pribadi (bukan akun bisnis), siapa pun di dalam ruang dapat mengubah namanya. Ada beberapa aturan lain tentang penggunaan space yang dapat ditemukan di halaman dukungan Google.

Exit mobile version