Diet Pelangi, Cara Diet Tanpa Batasan Porsi Makan

Mengutamakan kecukupan gizi melalui kelompok warna makanan

Tentunya metode diet sudah banyak kita dengar. Tapi ada satu metode diet yang cukup menarik, karena dalam diet ini tidak membatasi porsi makan dan diet yang dimaksud adalah Diet Pelangi. Dalam diet ini yang diutamakan adalah kecukupan gizi berdasarkan kelompok warna makanan.

Berikut ini pengelompokan warna makanan menurut Diet Pelangi;

1. Makanan berwarna merah, ungu, biru, dan merah tua
Sayuran dan buah berwarna merah pada umumnya mengandung anthocyanis, proanthocyanins dan lycopene, yaitu antioksidan yang mencegah kanker serta baik untuk kesehatan mata dan jantung. Menjaga kesehatan hati dan fungsi otak tetap optimal.

Baca: Minuman Kesehatan saat Diet

Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dari blackberry, blueberry, terong, buah plum, anggur ataupun strawberry,
jambu, paprika merah, tomat dan semangka.

2. Makanan berwarna kuning/oranye
Warna yang terang cerah tentu sejuk dipandang mata, Buah dan sayur yang berwarna kuning dan oranye, mengandung beta karoten yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kandungan vitamin A yang meningkatkan kesehatan mata, tulang serta sistem imun.

Selain itu, juga mengandung vitamin C yang membuat kulit lebih cantik. Kita dapat memperolehnya dari wortel, jeruk, jagung, ubi, pepaya, labu, mangga, aprikot, nanas, pisang.

3. Makanan berwarna hijau
Banyak sekali sayur dan buah yang berwarna hijau yang terdapat di Indonesia, terutama sayuran. Sayuran berwarna hijau mengandung komponen indoles dan isothiocyanates yang membantu melawan kanker dengan meningkatkan produksi enzim yang akan menghancurkan racun-racun dari dalam tubuh. Juga mengandung vitamin K, yang sangat baik bagi darah dari pembekuan dan membantu kesehatan tulang.

Baca: Kolesterol Tinggi… Turunkan dengan Buah dan Sayur ini

Selain itu juga mengandung vitamin A, C, folate, kalsium, dan sebagian mengandung zat besi. Contohnya dari bayam, kacang polong, brokoli, kangkung, kubis, kale dan bunga kol.

4. Makanan berwarna Coklat
Makanan yang berwarna coklat masih jarang kita jumpai, makanan berwarna coklat mengandung serat yang baik untuk percernaan.

Juga mengandung vitamin B, vitamin E, zat besi dan protein dan makanan berwarna coklat dapat membantu membuang racun penyebab penyakit dalam tubuh. Seperti: roti, biji-bijian, sereal, granola, dan kacang-kacangan. Biji-bijian mengandung banyak vitamin B yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengubah kalori menjadi energi.

5. Makanan Berwarna Putih
Sayur dan buah bewarna putih biasanya mengandung antioksidan yang mencegah kanker dan menjaga tekanan darah.

Baca: Menghitung Kalori pada Camilan Favoritmu

Sayuran berawarna putih juga mengandung vitamin B, potasium, dan serat. Contohnya adalah bawang putih, kembang kol, bawang bombay, jamur, kentang.

Bagaimana, apakah anda ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan gizi yang terjaga? Anda bisa mencoba Diet Pelangi ini!!

Semoga berhasil ya…

Tags

Recommended