Gimana Cara Agar Ponsel Android Terhubung ke Linux dengan Airdroid?

Airdroid adalah aplikasi memungkinkan melakukan transfer file, mengirim pesan SMS dan mengontrol ponsel melalui PC. Aplikasi ini menjadi alternatif untuk memindahkan file tanpa harus melalui kabel USB. Windows memang kaya akan kemudahan untuk mengakses fitur-fitur, akan tetapi di Linux juga dapat diterapkan hal serupa.

Lalu bagaimana cara untuk menghubungkan ponsel Android ke PC dengan sistem operasi Linux? Nah, disini akan dibahas cara-caranya dan akan dijalankan pada Ubuntu 18.04.

Tahapannya

1. Langkah pertama, install aplikasi Airdroid dari Play Store. Kemudian buka aplikasi. Untuk versi gratis didukung oleh iklan.

2. Klik “AirDroid Web” untuk mengatur koneksi antara PC Linux dengan ponsel. Terdapat dua opsi: dengan klien web atau menavigasi secara lokal ke alamat IP, contoh 192.168.1.68:8888.

Jika opsi terakhir yang dipilih, PC dan ponsel harus dalam di jaringan yang sama, dengan catatan; jaringan Wi-Fi dengan ponsel jangan digabung atau sebaliknya.

3. Lakukan verifikasi terhadap ponsel dengan cara memindai kode QR di layar, dan untuk opsi alamat IP verifikasi dilakukan secara manual di ponsel. Kemudian akan tampil seperti pada gambar berikut.

4. Pada ikon pengaturan memungkinkan untuk berinteraksi dengan perangkat. Pada sisi sebelah kanan akan terlihat detail perangkat. Contoh Swift Wileyfox dan jumlah ruang yang telah digunakan.

Untuk mengujinya, perlu mengambil beberapa tangkapan layar dari ponsel. Klik pada ikon yang disebut Foto. Airdroid akan menghubungkan dan memunculkan jendela GUI dengan gambar di perangkat Anda. Setelah Anda memilih gambar, klik Unduh, dan Airdroid akan mengeposkannya dan menawarkan format ini untuk disimpan.

Fungsi lain tersedia seperti pengelolaan file. Dimungkinkan untuk mengunduh atau mengunggah gambar, dokumen atau apapun ke perangkat.

Kemudian, dapat melakukan install aplikasi file APK yang akan terpasang ke perangkat. Bagian ini sangat berguna untuk negara yang tidak tersedia layanan Google Play Store, dan jangan lupa untuk memberikan izin “Sumber Tidak Dikenal” dalam Pengaturan terlebih dahulu.

Perlu diingat, agar hati-hati dalam memilih sumber file APK yang akan diinstall dan gunakan situs yang dapat diverifikasi seperti APK Mirror. Apabila meragukan, ada baiknya jangan install.

Tags

Recommended