Gunakan Google Datally: Kuota Internetmu Bisa Hemat Hingga 30%

Fitur pencarian WiFi juga tersedia

Smartphone tanpa akses internet untuk beberapa penggunanya mungkin bisa digambarkan ibarat “berjalan di kegelapan”. Bagaimana tidak, ketika memiliki dan menggunakannya, dunia serasa milik anda. Semuanya dapat diperoleh dan lakukan, baik mencari informasi atau berita apa saja dari dalam dan luar negeri, transaksi jual beli, menjalin pertemanan atau bertemu teman lama, dan banyak lagi.

Saat sedang asik-asiknya mencari sesuatu di dunia maya melalui smartphone, tak terasa kuota internet sudah berkurang. Perlu diketahui bahwa sebagian besar aplikasi di Android itu secara diam-diam selalu aktif dan menyedot kuota internet. Bukan itu saja, aplikasi yang secara diam-diam aktif tersebut juga penyebab borosnya baterai.

Untuk masalah tersebut Google ternyata telah memberi solusinya, ada aplikasi yang bisa mengontrol dan menghemat kuota internet smartphone, yaitu Datally.

Datally merupakan aplikasi milik Google  yang dapat melakukan penghematan kuota internet smartphone bahkan hingga 30% dan kami telah melakukan percobaan.

Baca juga: Google Hentikan Program Iklan DoubleClick dan AdWords

Sejumlah aplikasi secara otomatis diblokir begitu aplikasi Datally terpasang di smartphone. Pengguna juga bisa mengatur sendiri aplikasi dianggap perlu untuk selalu menggunakan kuota internet. Beberapa aplikasi secara otomatis tidak diblokir Datally dan biasanya selalu terhubung dengan internet adalah aplikasi pesan instan dan media sosial.

Ternyata Google punya alasan sendiri untuk membuat aplikasi penghemat kuota internet smartphone ini. Pengguna smartphone di Indonesia banyak yang khawatir paket kuota internetnya cepat habis. Sampai-sampai Google melakukan riset untuk pengguna smartphone di Indonesia.

“Kami membuat Datally, aplikasi yang bisa membantu Anda memahami, mengontrol, dan menghemat kuota internet, sehingga Anda bisa lebih menghemat dan melakukan lebih banyak hal dengan kuota Anda,” ujar Caesar Sengupta, Vice President Tim Next Billion Users Google, dalam keterangan pers Google.

Baca juga: Aplikasi Android Buatan Orang Indonesia

Selain fitur hemat kuota, pada aplikasi Datally juga tersedia fitur pencarian jaringan Wi-Fi. Fungsinya hanya mendeteksi jaringan WiFi terdekat disekitar pengguna dan bukan untuk sebagai pembuka kunci atau sandi WiFi.

“Fitur berfungsi mirip seperti Waze. Pengguna dimungkinkan memberikan penilaian terhadap kualitas jaringan WiFi pada suatu lokasi dan membantu pengguna lain memperoleh jaringan WiFi yang lebih baik,” kata Caesar Sengupta.

Aplikasi ini berjalan di Andoid minimal OS versi 5.0 (Lollipop). Jika berminat untuk memasangkan aplikasi Datally di smartphone anda, dapat diunduh disini.

Tags
  

Related Articles

Back to top button
Close