Ini Ada Aplikasi Smartphone untuk Memantau Traffic Pesawat

Agoaga.com – Apa sih aplikasi yang bisa memantau lalu lintas pesawat. Ini dia, Flightradar 24 Flight Tracker. Aplikasi ini menawarkan sensasi bagi anda, seolah-olah sebagai petugas ATC.

Tentang ATC

ATC (Air Traffic Controller) adalah profesi yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat udara untuk mencegah antar pesawat terlalu dekat satu sama lain, mencegah tabrakan antar pesawat dan pesawat dengan rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi. A

TC juga berperan dalam pengaturan kelancaran arus lalu lintas, membantu pilot dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan, dan informasi lalu lintas udara).

ATC adalah rekan terdekat pilot selama di udara, peran ATC sangat besar dalam tercapainya tujuan penerbangan. Semua aktivitas pesawat di dalam Manoeuvring Area diharuskan mendapat mandat terlebih dahulu dari ATC, yang kemudian ATC akan memberikan informasi, instruksi, clearance/mandat kepada pilot sehingga tercapai tujuan keselamatan penerbangan, semua komunikasi itu dilakukan dengan peralatan yang sesuai dan memenuhi aturan.

Nah, itu tadi sekilas penjelasan tentang apa itu ATC.

Dan untuk bisa memantau lalu lintas pesawat dari smartphone, ikuti cara-caranya;

  • Terlebih dahulu install aplikasi Flightradar24 Flight Tracker yang sudah tersedia di Google Play Store.

  • Selanjutnya, jalankan aplikasi tersebut dan izinkan aplikasi untuk mengakses lokasi pada smartphone Anda dengan menekan tombol Allow.

 

  • Disini akan muncul banyak ikon berbentuk pesawat dengan berbagai macam ukuran yang merepresentasikan ukuran dari pesawat itu sendiri.
  • Anda bisa menekan ikon pesawat itu untuk melihat jenis pesawatnya, nama maskapai penerbangan, rute yang dilalui, ketinggian saat ini secara real-time bahkan estimasi waktu kedatangan ke bandara tujuan.

  • Yang menarik, bahkan Anda bisa mengikuti pergerakan pesawat dengan menekan tombol Follow, hingga merasakan sensasi berada di dalam pesawat dengan menekan tombol 3D View.
  • Ada dua pilihan pada fitur ini yakni merasakan view secara 3D dari kokpit atau dari jauh dengan cara pandang orang ketiga. Tapi perlu diingat, fitur ini merupakan fitur yang berbayar, tapi untungnya aplikasi memberikan 5 kesempatan untuk merasakannya secara cuma-cuma.

  • Pada bagian ini dimungkinkan untuk mencari maskapai penerbangan tertentu dengan masuk ke bagian Search. Terdapat empat pilihan pencarian yang bisa dimanfaatkan seperti Flight by Route, Flight by Airline, Airport by Country, hingga Nearby.

Apakah anda tertarik? Selamat menoba ya…

Tags

Recommended