Inilah Kumpulan Rumus Matematika untuk Dipelajari

Matematika (dari bahasa Yunani: μαθημα – mathēma, “pengetahuan, pemikiran, pembelajaran”) atau sebelumnya disebut ilmu hisab adalah ilmu yang mempelajari besaran, struktur, ruang, dan perubahan.

Pengertian Matematika Menurut Ahli

James dan James (1976)
Matematika adalah pola pikir, terorganisir, bukti logis, matematika adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat representasi dari simbol dan padat, lebih bahasa simbol dari sebuah ide daripada kedengarannya.

Carl Friedrich Gauss
Mengatakan matematika sebagai “Ratu Ilmu”. Dalam bahasa aslinya, Latin Regina scientiarum, juga di Jerman Konigin der Wissenschaften, kata yang sesuai dengan ilmu pengetahuan berarti (lapangan) pengetahuan.

Johnson dalam Russefendi (1972)
Matematika adalah unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi, aksioma, dan dalil-dalil di mana argumen setelah terbukti valid pada umumnya, karena matematika ini Sering disebut ilmu deduktif.

Kline (1973)
Matematika adalah sebuah makalah penelitian tentang pola dan hubungan, jalan atau pola berpikir, suatu seni, bahasa dan alat-alat.

Russefendi
Matematika terorganisasikan dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi-definisi, aksioma-aksioma, dan dalil-dalil di mana dalil-dalil setelah dibuktikan kebenarannya berlaku secara umum, karena itulah matematika sering disebut ilmu deduktif.

Reys – dkk (1984)
Matematika adalah sebuah makalah penelitian tentang pola dan hubungan, jalan atau pola berpikir, suatu seni, bahasa dan alat-alat.

Albert Einstein
Menyatakan bahwa “sejauh hukum matematika mengacu pada realitas, mereka tidak yakin, dan sejauh mereka yakin, mereka tidak mengacu pada realitas.”

Berikut rumus matematika, untuk dipelajari siswa SD, SMP, dan SMA;

Rumus Kecepatan

Rumus Skala

Rumus Debit

Rumus Bangun Datar

Rumus Bangun Ruang

Rumus Barisan dan Deret Aritmatika

dimana:

a = suku pertama
b = beda atau selisih antar suku
n = banyaknya suku
Un = suku ke-n
Sn = jumlah suku pertama sampai suku ke-n

Rumus Barisan dan Deret Geometri

dimana:

a = suku pertama
r = rasio antar suku
n = banyaknya suku
Un = suku ke-n
Sn = jumlah suku pertama sampai suku ke-n

Rumus Peluang

Terdiri dari:

Peluang Suatu Kejadian

dimana:

P(A) = peluang dari kejadian A
n(A) = banyak anggota A
n(S) = banyak anggota ruang sampel

Peluang Gabungan Dua Kejadian

Jika diketahui A dan B merupakan dua kejadian yang berbeda, sehingga peluang kejadian A∪B dapat dihitung menggunakan rumus:

P(A∪B)=P(A)+P(B)-P(A∩B)

Peluang Kejadian Saling Lepas

Dua kejadian dikatakan saling lepas jika kedua kejadian tersebut tidak mungkin terjadi bersama-sama sehingga PA∩B=0, yang dirumuskan sebagai berikut:

P(A∪B)=P(A) X P(B)

Peluang Kejadian Saling Bebas

Dua kejadian dikatakan saling bebas jika terjadinya kejadian A tidak mempengaruhi terjadinya kejadian B begitu juga sebaliknya, yang dirumuskan sebagai berikut:

P(A∩B)=P(A) X P(B)

Peluang Kejadian Bersyarat

Peluang terjadinya kejadian A dengan syarat kejadian B telah terjadi dapat dihitung menggunakan rumus:

Itulah beberapa rumus matematika beserta penjelasannya.

Menurut penulis, pintar dan mahir matematika maka bisa dipastikan menjadi lebih mudah dalam memahami pelajaran-pelajaran lainnya.

Berbagai sumber

  
Back to top button