iPhone Terbaru Pakai Layar OLED LG

Agoaga.com – Apple menggandeng perusahaan korea LG sebagai pemasok kedua layar Organic Light-Emitting Diode (OLED) yang akan digunakan dalam iPhone terbaru. Sebelumnya, Apple hanya bergantung pada Samsung untuk memasok layar OLED.

Kerjasama antara Apple dan LG ini diduga untuk mengurangi biaya produksi iPhone dan agar tidak terlalu bergantung pada Samsung.

Samsung bisa menjual mahal kepada Apple karena monopoli Samsung yang selama ini merupakan pemasok tunggal layar OLED kepada Apple. Perjanjian antara Apple dan LG bisa meningkatkan pengaruh Apple ketika bernegosiasi dengan Samsung yang notabene juga merupakan rival di industri ponsel pintar.

Harga monopoli tersebut yang mengakibatkan mahalnya harga iPhone X. Pengeluaran untuk komponen yang besar ini membuat penjualan iPhone X tidak sesuai ekspektasi. Perjanjian antara Apple dengan LG akan membuat Apple mampu membeli jumlah layar yang signifikan dari LG.

Dilansir dari Bloomberg, LG akan menyuplai kira-kira dua sampai empat juta unit layar OLED. Angka tersebut masih relatif kecil apabila dibandingkan dengan perjanjian Samsung dengan Apple yang harus menyuplai 100 juta layar OLED untuk digunakan dalam produksi iPhone X.

“Mendapatkan pemasok kedua untuk layar OLED krusial untuk Apple karena mengurangi ketergantungan Apple kepada Samsung yang merupakan pemasok tunggal. Dalam waktu yang sama, kerja sama ini membantu mempercepat penggunaan layar OLED secara luas. Lebih banyak pemasok berarti lebih banyak volume, akibatnya harga lebih rendah,” kata analisis senior dari IHS Markit Jerry Kang.

Berdasarkan orang dalam Apple kepada Bloomberg, layar OLED LG akan digunakan pada iPhone X Plus yang memiliki ukuran layar 6,5 inci, sedangkan layar OLED penerus iPhone X akan diproduksi oleh Samsung. LG berencana untuk memasok semua layar OLED dari iPhone versi terbaru.

Namun kesiapan LG masih diragukan oleh Apple. Tidak hanya LG, Apple juga sedang berdiskusi dengan BOE Technology Group asal Cina untuk memasol layar OLED pada iPhone sejak Februari.

LG telah berinvestasi milyaran dolar untuk teknologi layar generasi selanjutnya yang menekankan akurasi warna dan struktur yang lebih tipis dari LCD. Akan tetapi, LG tertinggal dari Samsung ketika melakukan perjanjian untuk memasok layar OLED iPhone.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close