James Gosling dan Terciptanya Bahasa Pemrograman Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan diberbagai komputer atau telephone genggam. Bahasa pemrograman ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystem, hingga saat menjadi bagian dari Oracle yang rilis tahun 1995.

Java banyak mengadopsis sintaksis yang terdapat pada C dan C++, namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana.

Aplikasi-aplikasi berbasis Java umumnya dikompile ke dalam p-code (bytecode) yang dijalankan di berbagai Mesin Virtual Java (JVM).

Jenis pemrograman ini bersifat umum/nonspesifik (general purpose) dan secara khusus di desain untuk memanfaatkan defendensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java dapat berjalan di beberapa sistem operasi yang berbeda.

Java dikenal juga dengan slogan “Tulis Sekali, Jalankan Dimana pun”. Saat ini pemrograman Java merupakan yang paling populer digunakan dan secara luas digunakan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak atau aplikasi.

Sejarah Java

Bahasa pemrograman Java terlahir dari The Green Project, proyek ini berlangsung selama 18 bulan dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek yang dimotori oleh Patrick Noughton, Mike Sheridan dan James Goslin, beserta sembilan orang lainnya dari Sun Microsystem pada awalnya belum menggunakan versi Oak. Salah satu keberhasilan proyek ini adalah Maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.

Sekira musim panas 1992, proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA. Teknologi yang baru ini dinamai “7” (Star Seven).

Setelah era star seven selesai, sebuah perusahaan Tv Kabel tertarik ditambah beberapa orang dari Proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.

Perusahaan baru ini bertambah maju, jumlah karyawan bertambah dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang.

Pada rentang waktu itu juga ditetapkan pemakaian internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide diantara mereka. Pada awal 1990, internet masih hasil rintisan, dan hanya digunakan dikalang akademisi dan militer saja.

Mereka menggunakan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah java pertama yang dinama Web Runner, terinspirasi oleh file tahun 1990-an,Blade Runner. Pada perkembangan pertamanya, Web Runner diganti nama menjadi Hot Java.

Pada sekitar bulan maret 1995,untuk pertama kali kode sumber java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan pemberitaan pertam kali di surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.

Sayang terjadi perpecahan diantara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Erik Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystem bersama Mark Andreessen membentuk Netscape.

Nama Oak, diambil dari pohon Oak yang tumbuh di depan jendela ruangan James Gosling (bapak Java). Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sudah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “JAVA”. Nama itu diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi bubuk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa Indonesia.

James Gosling

Pada 1977, James Gosling menerima gelar B.Sc dalam Ilmu Komputer dari Universitas Calgary. Pada 1983, ia memperoleh gelar Ph.D dalam Ilmu Komputer dari Universitas Carnegie Mellon, dengan disertasi “The Algebraic Manipulation of Constraints”. Ketika menyelesaikan program doktornya, ia menulis sebuah versi dari emacs (gosmacs), dan sebelum bergabung dengan Sun Microsystems ia membangun sebuah versi multi-prosesor Unix ketika masih kuliah. Melihat minat dan bakat tersebut, suatu ketika sahabat orangtuanya mengajak Gosling ke laboratorium komputer di Universitas Calgary. Saat itu usianya masih 14 tahun.

Sejak saat itulah Gosling lebih sering menghabiskan banyak waktu di laboratorium komputer daripada belajar di kelas. Lulus dari pendidikan menengah atas, James melanjutkan ke Universitas Calgary. Saat menyelesaikan sarjana, ia mengembangkan editor teks Emacs, yang kelak menjadi editor teks yang paling banyak digunakan pada sistem operasi Unix.

Kemudian ia mengambil pendidikan Master di Universitas Alberta sebelum melanjutkan program doktor di Universitas Carnegie Mellon di Pittsburgh. Ia memperoleh gelar Ph.D setelah berhasil mempertahankan tesisnya yang berjudul “The Algebraic Manipulation of Constraints” pada tahun 1983. s Carnegie Mellon, maupun sejumlah compiler dan mail systems.

Sejak 1984, Gosling bekerja untuk Sun Microsystems, dan umumnya dikenal sebagai pembuat bahasa pemograman Java.

Sejak kecil dia memang sangat tertarik dengan elektronika. Saat usia 12 tahun, orangtuanya mendapatinya berhasil membuat permainan tic tac toe dengan memanfaatkan komponen suku cadang telepon dan televisi.

Namun, sayangnya hasil pekerjaannya itu tidak pernah diproduksi. Setahun kemudian, ia bergabung dengan Sun Microsystems hingga menjadi bagian Green Team untuk menjalankan projek rahasia Green Project.

Berkat kemampuannya, kariernya segera melejit sehingga menduduki posisi Vice President (VP) Sun Microsystems dan Chief Technology Officer (CTO) Sunís Developer Product. Hingga saat ini, James masih berkontribusi pada Real-Time Specification of Java dan peneliti di laboratorium Sun untuk software development tools.

Selain menjadi arsitek bahasa pemrograman Java, ia juga membangun sistem akuisisi data satelit, multiprosesor untuk Unix, beberapa kompiler, mail system dan insinyur utama pembuat windows manager NEWS (Network Extensible Windowing System).

Versi Awal Java

Versi awal Java pada tahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya.

Paket standar:

  1. java.lang : Peruntukan kelas elemen-elemen dasar
  2. java.io : Peruntkan kelas input dan output,termasuk penggunaan berkas
  3. java.util : Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan
  4. java.net : Peruntukan kelas TCP/IP,memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain melalui jaringan TCP/IP
  5. java.awt : Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
  6. java.applet : Kelas dasar aplikasi antarmuka untuk diterapkan pada penjelajah Web

Kelebihan

  1. MultiPlatfrom – Kelebihan utam yang dimilik java adalah bisa dijalankan dibeberapa platform atau sistem operasi komputer. Platform yang mendukung saat ini adalah Microsoft Windows,Linux,Mac OS, dan Sun Solaris.
  2. Object Oriented Programing (OOP) atau Pemrograman Berorientasi Objek
  3. Perpustakaan Yang Lengkap. Java terkenal dengan Library/Perpustakaan yang lengkap sehingga memudahkan dalam menggunakannya oleh pemrogram untuk membangun aplikasinya.
  4. Bergaya C++, memiliki bahasa pemrograman seperti C++ yang menarik sehingga pemrogram C++ untuk pindah ke Java.Saat ini pengguna Java sudah banyak,sebagian besar adalah pemrogram berasal dari C++.yang pindah ke Java.
  5. Pengumpulan Sampah Otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga pemrogram tidak perlu mengatur pengaturan memori secara langsung.

Kekurangan

  1. Hanya sekali tulis dapa berjalan dimana pun, meski demikian masih ada beberapa hal yang belum kompatible antara platform satu dengan platform yang lainnya. Seperti J2SE,misalnya AWT-SWT bridge masih belum fungsi di Mac OS X.
  2. Mudah didekompilasi. dekompilasi adalah proses mengembalikan dari kode jadi ke kode sumber. Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi. Dengan demikian,algoritma yang digunakan program akan sulit disembunyikan dan mudah dibajak/reverse=engineer.
  3. Penggunaan Memori Yang Banyak.Penggunaan memori untuk program yang berbasis java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya (C/C++).
Sumber: Wikipedia dan berbagai sumber.

  
Back to top button