Jangan Terima Telepon Nomor Tak Dikenal Jika Curiga

Fungsi telepon banyak disalahgunakan dan bahayanya bisa jadi begini...

Berkomunikasi dengan menggunakan telepon (ponsel) menjadikan kita berbicara cukup dekat dengan orang yang dihubungi, meski jarak yang berjauhan. Dapat dipastikan sepanjang memiliki serta menggunakan ponsel, masing-masing kita pernah mendapat panggilan telepon dari nomor yang tak dikenal.

Mirisnya, saat ini banyak orang  yang tak bertanggungjawab telah menyalahgunakan fungsi telepon. Hal ini perlu kita waspadai dengan baik, alih-alih bisa jadi bahaya bagi kita jika langsung menerima panggilan tersebut.

Lalu, Apa Bahaya Jika Menerima Telepon dari Nomor Tak Dikenal?

1. Bisa Jadi Penipuan Berhadiah atau lainnya.

Beberapa waktu lalu penipuan lewat SMS sangat santer. Kini, oknum-oknum yang mungkin sama bertindak lebih berani melakukan penipuan lewat panggilan. Tindakan mereka terstruktur mulai melakukan percakapan yang profesional, hingga memiliki kantor. Tujuannya agar korban mau mengikuti keinginan mereka.

2. Pencurian Data Pribadi

Anda yang punya kartu kredit pastilah pernah mendapat telepon yang mengaku dari layanan penyedia kartu kredit. Modusnya memberikan kartu khusus dengan menyebutkan mereka adalah salah satu pihak partner. Tak tanggung-tanggung mereka meminta nomor kartu kredit dan juga angka CVC kartu kredit milik kamu.

Modus lainnya memperoleh data pribadi yang sering kamu gunakan yang berhubungan dengan keuangan kamu. Inilah yang dinamakan pencurian informasi data pribadi kamu.

3. Jika Diterima, Maka Nomor Anda Disimpan

Cara kerja oknum ini melakukan panggilan telepon dengan acak nomor. Jika kamu menerima panggilan dari nomor tidak jelas, maka nomor langsung mereka simpan. Dan dalam waktu dekat dapat dipastikan akan menghubungi anda kembali dengan modus yang lain.

Apakah bisa dicegah penipuan lewat telepon?

Bagi pengguna smartphone, ada aplikasi yaitu TrueCaller. Aplikasi ini akan menampilkan setiap ID dari nomor yang melakukan panggilan ke nomormu.

Namun apabila terlanjur menereima nomor telepon nomor tidak dikenal, tanyakanlah terlebih dahulu identitasnya. Jangan mau menjawab jika pertanyaannya menurutmu mencurigakan.

Waspada selalu terhadap segala bentuk penipuan. Bijaklah anda dalam menerima telepon yang masuk.

Tags

Recommended