Ketahui Cara Kerja Internet Download Manager (IDM)

Internet Download Manager (IDM) sudah menjadi software andalan sebagian pengguna komputer untuk men-download file. Sebab IDM mampu mempercepat proses download.

Bagaimana sih sebenarnya cara kerja IDM ini?

Bukan Mempercepat Koneksi Internet

Satu hal perlu digarisbawahi, IDM tidak untuk mempercepat koneksi internet. Jadi yang dilakukan IDM adalah mempercepat proses download dengan cara mendapatkan speed maksimal dari server yang bersangkutan dan juga sekaligus memaksimalkan speed internet kita agar tak terjadi idle saat proses download berlangsung.

Cara Kerja

Secara normal ketika mendownload file dari suatu server, maka komputer anda dengan koneksi internetnya akan melakukan request ke server tersebut, yang kemudian mendownload dengan satu koneksi saja (Single File Stream). Mayoritas server memungkinkan satu IP untuk melakukan beberapa koneksi (Multiple File Stream). Inilah yang dimanfaatkan IDM.

Ketika download suatu file melalui IDM, secara otomatis IDM melakukan testing, apakah server tersebut support koneksi Multiple File Stream untuk satu IP atau tidak! Jika ternyata support, maka IDM akan melakukan request ke server tersebut dan akan mendapatkan detail Byte Stream dari file yang akan di download.

IDM kemudian akan membuat 8 request koneksi ke server tersebut dalam waktu yang bersamaan dengan menggunakan Threads. Setiap threads akan melakukan request untuk mendownload file dengan awal Byte Stream yang berbeda.

Sebagai contoh jika file tersebut memiliki ukuran 8000 byte, maka IDM akan mengirimkan request sebanyak 8 koneksi untuk mendownload file tersebut dengan awal bytes yang berbeda.

Request 1, byte awal = 0. Byte yang didownload: 0 – 999
Request 2, byte awal = 1000. Byte yang didownload: 0 – 1999
Request 3, byte awal = 2000. Byte yang didownload: 0 – 2999
Request 4, byte awal = 3000. Byte yang didownload: 0 – 3999
Request 5, byte awal = 4000. Byte yang didownload: 0 – 4999
Request 6, byte awal = 5000. Byte yang didownload: 0 – 5999
Request 7, byte awal = 6000. Byte yang didownload: 0 – 6999
Request 8, byte awal = 7000. Byte yang didownload: 0 – 8000

Karena melakukan 8 request download ke file yang sama secara bersamaan dengan byte awal yang berbeda, maka server memberikan alokasi bandwidth tersendiri untuk masing-masing koneksi. Hasilnya proses download bisa berjalan dengan lebih cepat dibandingkan dengan melakukan download melalui satu koneksi saja.

Pecahan file yang sudah terdownload akan digabungkan kembali menjadi satu file yang utuh ketika proses download selesai.

Tidak bisa pause dan resume?

Jika server memungkinkan beberapa koneksi untuk satu IP (Multiple File Stream), maka proses diatas akan terjadi. File bisa didownload dengan lebih cepat dan bisa pause, ataupun resume.

Tetapi jika ternyata server tidak memperbolehkan Multiple File Stream dan hanya memberikan satu akses koneksi saja untuk satu IP, maka yang terjadi adalah IDM mendownload satu file tersebut secara langsung melalui satu koneksi, tidak bisa pause, dan tidak bisa resume.

  
Back to top button