Ketahui Fungsi dari Motherboard; Ada 4 Jenis

Motherboard atau Mainboard yang biasa disingkat dengan Mobo adalah papan sirkuit sebagai tempat berbagai komponen elektronik yang saling terhubung.

Apa Fungsi Motherboard?

Mobo terdiri dari Socket dan Slot, antara lain Slot SATA, PCI, Socket LAN serta socket lainnya yang berfungsi sebagai tempat menyusun seluruh rangkaian perangkat keras komputer, yakni Processor, Chipset, RAM, Harddisk, VGA, Fungsi LAN Card,

Berbagai Jenis Motherboard

Jenis Motherboard dibedakan menurut ukurannya, berikut ini jenisnya;

1. Motherboard AT

Motherboard ini dikembangkan pertama kali oleh IBM antara tahun 1980 sampai 1990 yang didukung dengan processor Pentium 2. Di era komputer pribadi IBM yang kompatibel kala itu, faktor bentuk (form factor) AT mengacu pada dimensi dan tata letak motherboard untuk IBM AT. Motherboard AT berukuran besar dan gampang panas.

2. Motherboard ATX

ATX (Advance Technology Extended) merupakan pengembangan dari jenis motherboard AT. Jenis Motherboard ini merupakan salah satu yang banyak digunakan.

Untuk tipe Motherboard ATX terdiri dari beberapa jenis;

– Standard ATX
Standard ATX digunakan pada komputer dan laptop. Ukurannya, panjang 305 mm dan lebar 244 mm dan sudah memiliki konektor AGP dan konektor PCI.

– Micro ATX
Berbeda dengan ATX Standard. Sesuai dengan namanya, motherboard ini memiliki bentuk micro. Ukurannya 244 mm x 244 mm.

Micro ATX merupakan Motherboard yang ekonomis dan digunakan pada notebook.

– Flex ATX
Flex ATX menawarkan fleksibilitas dalam merancang komputer, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Flex ATX memiliki 2 PCI connector.

– Mini ATX
Ukuran Mini ATX relatif kecil, yaitu panjang 284 mm dan lebar 208 mm. Motherboard ini banyak digunakan pada PC ukuran kecil dan notebook.

3. Motherboard BTX

Motherboard yang berikut adalah BTX (Balanced Technology Extended). Motherboard ini menawarkan keseimbangan dalam penggunaan sistem komputer.

BTX mampu mengoptimalkan sirkulasi udara di dalam komputer, serta mampu melakukan pengendalian panas.

Motherboard BTX terdiri dari beberapa jenis;

– Standard BTX
Ukuran BTX Standar memiliki panjang 325 mm dan lebar 267 mm, lebih besar dari Standar ATX. Motherboard ini punya kemampuan mengatur sirkulasi panas, sehingga dapat meminimalisir terjadinya overheat.

– Micro BTX
Berikutnya Mikro BTX. Keunggulannya hampir sama dengan standard BTX, bedanya pada ukuran, 264 x 267 mm.

– Pico BTX
Ukuran Pico BTX, panjang 264 mm dan lebar 203 mm merupakan versi min I dari BTX.

4. Motherboard ITX

ITX (Information Technology Extended), ukurannya jauh lebih kecil. Motherboard ITX didukung oleh VIA, yang memiliki form factor dengan level kecil. Banyak digunakan pada mini PC atau PC tablet.

Ukuran form factor Motherboard ITX;

– Mini ITX
Mini ITX merupakan format ITX dengan dimensi yang kecil. Motherboard mini ITX berbentuk persegi dengan panjang sisinya 170mm.

– Nano ITX
Ukuran Nano ITX paling kecil dari Motherboard sebelumnya, 120x120mm.

– Pico ITX
Motherboard ini berukuran 72x100mm.

– Mobile ITX
Memiliki ukuran terkecil, yaitu 45x75mm

  
Back to top button