Ketahui Sifat-sifat Operasi Hitung Bilangan Bulat: Matematika Kelas 6

Bilangan bulat merupakan himpunan bilangan yang termasuk didalamnya adalah bilangan cacah, bilangan asli, bilangan prima, bilangan komposit, bilangan nol, bilangan satu, bilangan negatif, bilangan ganjil dan bilangan genap.

Bilangan bulat dapat menggambarkan suatu keadaan yang saling berlawanan. Misalnya, posisi kapal selam di bawah laut dinyatakan dengan bilangan bulat negatif, sedangkan posisi pesawat terbang yang berasa di atas permukaan laut dinyatakan dengan bilangan bulat positif.

Sifat-sifat Operasi Hitung

Penggunaan sifat komutatif, asosiatif dan distributif mempermudah dalam melakukan perhitungan.

Sifat Komutatif (Pertukaran)

Sifat komutatif adalah sifat operasi hitung terhadap 2 bilangan yang memenuhi pertukaran letak antar bilangan sehingga menghasilkan hasil yang sama. Sifat komutatif juga disebut dengan hukum komutatif.

Sifat Asosiatif (Pengelompokan)

Sifat asosiatif adalah sifat operasi hitung terhadap 3 bilangan menggunakan bantuan pengelompokan 2 bilangan dengan tanda kurung dan apabila pengelompokan ditukarkan hasil tetap sama. Sifat asosiatif juga disebut dengan hukum asosiatif.

Sifat Distributif (Penyebaran)

Sifat distributif adalah sifat operasi hitung dengan 2 operasi hitung yang berbeda, salah satu operasi hitung berfungsi sebagai operasi penyebaran dan operasi lainnya digunakan untuk menyebarkan bilangan yang dikelompokkan dalam tanda kurung. Sifat distributif juga disebut dengan hukum distributif.

Contoh:

  
Back to top button