Ketahuilah!! Kecerdasan Anak 60 Persen Diturunkan dari Ibu

Besarnya Peran Ibu Terhadap Anak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Washington, wanita cenderung mentransmisi gen kecerdasan ke anak yang terbentuk dari kromosom X dan wanita memiliki dua, sedangkan ayah hanya memiliki satu. Apabila gen kecerdasan diwarisi dari ayah dan ibu, maka otomatis yang diturunkan dari ayah dinonaktifkan atau gugur. seperti dilansir dariĀ Independent, Kamis (18/1/2018),

Tikus yang dijadikan sebagai alat percobaan oleh studi laboratorium, meyakini bahwa kecerdasan salah satu kategori kondisi gen yang hanya dimiliki oleh gen ibu. Studi laboratorium pada tikus yang secara genetik dimodifikasi pun membuktikan hal tersebut.

Percobaan memakai enam tikus dengan skenario tiga disuntikkan gen ibu dan tiga gen ayah. Dari hasil percobaan tersebut didapat bahwa adanya perubahan dari segi otak, tikus-tikus yang disuntikkan gen ibu mempunyai otak yang berkembang dan lebih besar dengan ukuran tubuh yang lebih kecil. Ukuran otak inilah yang membuat tikus-tikus menjadi lebih pintar.

Kemudian penelitian ini berkembang di Glasgow. Akan tetapi, penelitian kecerdasan mengambil pendekatan yang lebih manusiawi. Para peneliti menemukan teori yang diekstrapolasikan dari studi tikus yang diimplementasikan ke 12.686 anak muda berusia antara 14 tahun dan 22 tahun dengan metode wawancara. Meskipun dengan cara yang berbeda, tim peneliti menemukan prediktor kecerdasan terbaik adalah IQ dari gen sang ibu.

Akan tetapi, hasil penelitian juga menjelaskan bahwa genetika bukan satu-satunya penentu kecerdasan seseorang. Hanya sekitar 40 sampai 60 persen kecerdasan yang diperkirakan berasal dari warisan gen, sehingga sisanya bergantung pada lingkungan.

Riset yang dilakukan di University of Washington menemukan bahwa ikatan emosional antara ibu dan anak sangat penting bagi perkembangan otak. Para peneliti menganalisis dengan cara mengelompokkan ibu yang berhubungan dengan anak selama tujuh tahun. Hasilnya mereka menemukan bahwa secara emosional dan memiliki kebutuhan intelektual yang terpenuhi pada Hipokampus (area otak yang berhubungan dengan memori, belajar dan respon stres), yakni dengan jumlah 10 persen lebih besar.

Memiliki Ikatan yang kuat dengan ibu dianggap memberi anak rasa aman sehingga memungkinkan mereka menjelajahi dunia, dan kepercayaan diri memecahkan suatu permasalahan. Tambahan lain, ibu yang penuh perhatian cenderung membantu anak-anak memecahkan masalah dan membantu anak mencapai potensinya.

Tags

Recommended