Kolesterol Tinggi… Turunkan dengan Buah dan Sayur ini

Kolesterol tinggi adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Selain faktor genetik, kolesterol tinggi juga bisa terjadi karena mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol serta kurang berolahraga.

4 jenis buah dan sayur yang dapat menurunkan kolesterol

1. Jambu biji merah
Jambu biji merah adalah salah satu buah yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol.

Dalam buah jambu biji merahterdapat kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibanding dengan buah jeruk manis. Juga terdapat serat pektin yang fungsinya menurunkan kadar kolesterol. Kandungan pektin mengikat kolesterol dan batu empedu serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Baca: Menghitung Kalori pada Camilan Favoritmu

Penelitian mengatakan dengan mengkonsumsi jus jambu biji merah rutin selama 2 bulan mampu menurunkan kadar kolesterol.

2. Wortel
Wortel adalah makanan yang tidak asing bagi kita dan termasuk makanan yang sangat mudah dijumpai. Ternyata wortel dapat menurunkan kolesterol tinggi.

Wortel merupakan makanan bebas kolesterol dan mengandung zat yang bahkan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah Anda.

Penelitian menemukan bahwa secangkir wortel setiap hari selama tiga minggu dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

3. Anggur
Siapa yang tidak suka anggur? Kamu pastilah salah seorang yang sangat menyukai anggur. Buah yang satu ini sangat segar dan lezat. Bukan hanya enak, tetapi anggur memilikai banyak manfaat bagi kesehatan. Contohnya sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Ada baiknya kamu mengkonsumsi buah anggur setiap hari, selain serat anggur juga mengandung berbagai jenis senyawa flavonoid dan zat catechin yang berkhasiat menurunkan kolesterol.

4. Tomat
Tomat mengandung kalium dan vitamin B yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Tomat yang sudah dimasak memiliki khasiat yang hampir sama dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung). Senyawa likopen yang terkandung di dalam tomat  merupakan antioksidan penting yang berkhasiat mengurangi resiko stroke dan serangan jantung.

  
Back to top button