Lakukan 4 Langkah Berikut Jika Komputer Anda Dihack

Agoaga.com – Kasus peretasan belakangan ini kian meningkat, modusnya pun semakin canggih. Semua yang berkaitan dengan jaringan dunia maya, beresiko diretas atau dihack.

Banyak cela yang bisa disusupi, baik melalui kiriman email dan yang baru-baru ini ransomware, pada kasus virus WannaCry yang korbannya hingga ratusan ribu user serta organisasi.

Berikut langkah-langkah yang dilakukan jika perangkat yang berhubungan dengan jaringan internet diretas atau dihack.

1. Putuskan Koneksi

Jika komputer atau perangkat lain yang terhubung dengan internet telah disusupi virus, segera lakukan pemutusan koneksi untuk menghindari masalah terburuk.

2. Lepaskan Hard Drive

Matikan sistem dan lepaskan hard drive, HDD atau SSD. Kemudian lakukan pemindaian antivirus terkemuka, bisa satu atau dua yang berbeda, pada perangkat tersebut.

Juga gunakan program anti-malware yang lebih umum, dan pastikan untuk menargetkan setiap rootkit dan Trojan juga, karena ini sangat sulit untuk dihapus. Pastikan menghapus spyware dengan program seperti Spybot Search & Destroy.

3. Backup Data

Jika anda memperoleh perangkat lunak dengan cara mengunduh dari sumber terpercaya, atau data yang anda percayai diperoleh dari tempat lain, ada baiknya memasukkan ke drive yang bersih dan dengan terlebih dahulu melakukan pemindaian dengan antivirus

4. Password Manager

Coba jalankan software password manager. Program untuk menghasilkan kata kunci yang unik dan sulit di-hack. Selain itu bisa unduh aplikasi otentifikasi akun anda.

Tags

Recommended