LAN, MAN, WAN: Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Tiga jenis utama jaringan komputer akan dibahas dalam artikel ini, mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan, serta contoh penggunaannya. Ketiga jenis utama jaringan itu antara lain: LAN, MAN dan WAN. Dan berikut ini adalah penjelasannya;

Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan komputer yang menyambungkan komputer dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor.

Dalam jaringan LAN akan ditemukan kelengkapan seperti kabel UTP, Hub, Switch maupun Router.

Jarak Maksimal Kabel UTP pada LAN

Jarak maksimal atau panjang maksimal kabel UTP pada LAN secara teoritis bisa berfungsi optimal adalah 135 meter, dengan ketentuan;

  • Memperhatikan dan menggunakan kabel UTP asli/original (CAT-5e)
  • Konektor RJ45 original, dan
  • Yang paling penting kabel UTP tidak sambungan.

Sejarah Local Area Network (LAN)

Akhir 1960-an permintaan akan penggunaan komputer di universitas dan laboratorium penelitian meningkat, tentunya dengan kesediaan interkoneksi kecepatan tinggi antara sistem komputer itu sendiri. Kemudian, tahun 1970 Laboratorium Radiasi Lawrence dalam laporannya merinci terjadi pertumbuhan jaringan “Gurita”.

Perkembangan dan proliferasi komputer pribadi menggunakan sistem operasi CP/M pada akhir 1970-an. Cambridge Ring mulai dikembangkan di Universitas Cambridge sejak tahun 1974. Sistem berbasis DOS dimulai pada 1981, berarti bahwa banyak situs tumbuh hingga puluhan atau bahkan ratusan komputer. Kekuatan pendorong awal untuk jaringan adalah berbagi penyimpanan dan printer, yang keduanya mahal pada saat itu. Ada banyak antusiasme untuk konsep ini, dan selama beberapa tahun, dari sekitar tahun 1983 dan seterusnya, para pakar industri komputer akan secara teratur mendeklarasikan tahun yang akan datang sebagai, “Tahun LAN”.

Pada tahun 1983, TCP / IP pertama kali ditampilkan mampu mendukung aplikasi departemen pertahanan yang sebenarnya pada tes bed LAN Badan Komunikasi Pertahanan yang terletak di Reston, Virginia. LAN berbasis TCP/IP berhasil mendukung aplikasi telekonferensi Telnet, FTP, dan Departemen Pertahanan.

Selama periode yang sama, workstation Unix menggunakan jaringan TCP/IP. Meskipun segmen pasar ini sekarang jauh berkurang, teknologi yang dikembangkan di bidang ini terus berpengaruh di Internet dan di jaringan Linux dan Apple Mac OS X dan protokol TCP/IP telah menggantikan IPX, AppleTalk, NBF, dan protokol lainnya. digunakan oleh LAN PC awal.

Fungsi Local Area Network (LAN)

LAN memiliki beberapa fungsi dan kegunaan tertentu. Berikut ini adalah fungsi dari LAN.

1. Menghubungkan antar Komputer

Komputer dalam jumlah yang cukup banyak bisa saling terhubung dengan menggunakan kabel UTP serta Switch atau Hub.

2. Berbagi File antar Komputer

Salah satu kegunaan jika komputer terhubung dengan LAN, yaitu berbagi file. Dengan kemudahan ini, maka tidak perlu lagi berpindah komputer untuk mengambil suatu file dimasukkan ke dalam flash disk.

3. Berbagi Printer

Fungsi selanjutnya adalah berbagi (sharing) printer. Kamu tidak perlu menyediakan printer sebanyak jumlah komputer. Cukup hanya 1 printer saja yang dihubungkan ke LAN.

4. Kontrol Komputer dalam Jaringan

Fungsi pada bagian ini sangat berguna bagi tim IT untuk memonitor komputer yang terhubung dalam LAN.

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Karena mencakup area lokal yang kecil, tentunya ada kekurangan dan kelebihan jenis jaringan ini.

Kelebihan LAN

Biaya yang dibutuhkan tidak begitu besar.
Melalui LAN, transfer data antar node bisa berlangsung dengan cepat.
Jaringan LAN tidak membutuhkan operator telekomunikasi untuk dapat membuat jaringan.

Kekurangan LAN

Luas wilayah koneksi terbatas. Hal ini karena LAN hanya mencakup area lokal saja.

Metropolitan Area Network (MAN)

MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi.

MAN merupakan gabungan dari LAN, yang menghubungkan antar berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dan lain sebagainya.

Jarak maksimum jangkauan MAN berkisar 5 Km hingga 50 Km. Tentunya dengan memperhatikan kebutuhan perangkat pendukung utama yang original ketika membangun MAN.

Sejarah MAN

Di Amerika sekira 1940-an, dilakukan suatu penelitian dengan memanfaatkan suatu perangkat komputer secara bersamaan. Di tahun 1950-an, jenis komputer mulai berkembang dan harganya semakin mahal sehingga dari sini muncul kebutuhan membuat kemampuan satu komputer melayani beberapa terminal sekaligus.

Dengan kebutuhan itu, timbul konsep distribusi proses atas dasar waktu yang disebut dengan Time Sharing System [TSS] yakni bentuk pertama kali jaringan atau network komputer yang diaplikasikan. Pada sistem TSS tersebut, beberapa terminal akan terhubung secara seri ke suatu host komputer.

Fungsi MAN

MAN punya beberapa karakteristik yang menjadi fungsi dari jaringan ini:

1. Cakupan jaringan ini cukup luas antara 5 Km hingga 50 KM. Bahkan kini, MAN sudah bisa mencakup beberapa area perkotaan.

2. Pada umumnya jaringan ini tidak dimiliki satu organisasi tertentu saja. Peralatan penghubung hingga komunikasi link jenis jaringan ini dimiliki salah satu konsorsium pengguna atau penyedia layanan jaringan yang diperjualbelikan kepada pengguna.

3. MAN kerap bertindak sebagai jaringan dengan kecepatan tinggi untuk sumber daya daerah. Hal tersebut kerap digunakan untuk menyediakan koneksi bersama jaringan lain dengan link ke WAN.

4. Meskipun punya koneksi yang besar dibanding LAN. Tapi teknologi yang digunakan tergolong masih sama dengan LAN.

5. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel saja dan tidak mempunyai elemen switching untuk mengatur paket beberapa output. Karena memiliki elemen switching, tentunya rancangan menjadi lebih sederhana dan mudah dilihat.

Contoh Metropolitan Area Network

Kelebihan MAN

  • Memudahkan penyebarluasan informasi dan data secara cepat dan real time
  • Dapat menjangkau area yang luas dibanding konfigurasi jaringan komputer lain
  • Komunikasi menjadi lebih mudah karena adanya banyaknya opsi media seperti email, video telekonferensi, dan aplikasi chatting
  • Data tersimpan dalam satu pusat data sehingga lebih mudah dikelola

Kekurangan MAN

  • Proses setting dan instalasi cukup rumit dengan biaya yang cukup banyak.
  • Butuh biaya operasional yang mahal (karena butuh jaringan internet yang stabil serta infrastruktur pendukung lainnya guna menunjang jaringan MAN).
  • Troubleshoot jaringan menjadi hal yang cukup rumit apabila menemui kendala, dikarenakan cakupan jaringan yang luas
  • Keamanan data yang lebih rentan dibanding LAN atau bentuk jaringan tertutup lainnya.

Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer besar yang menghubungkan kelompok komputer melalui jarak yang jauh. WAN sering digunakan dalam bisnis besar untuk menghubungkan jaringan kantor. Setiap kantor biasanya memiliki jaringan area lokal sendiri, atau LAN yang kemudian terhubung melalui WAN.

Jenis jaringan ini menggunakan fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisi pun beragam mulai dari 1Mbps, 10Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, hingga 625 Mbps bahkan lebih.

Komponen yang digunakan dalam berkomunikasi terdiri dari dua yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari suatu komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching disini adalah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih. Saat data yang dikirimkan sampai ke kabel penerima, elemen switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan paket-paket data tersebut.

Fungsi WAN

Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan LAN. WAN juga berfungsi sama seperti LAN menghubungkan antar komputer, printer dan juga device lainnya dalam satu jaringan. WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada di berbagai lokasi. Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan antara LAN dengan WAN dan device tersebut adalah router.

Adapun fungsi dari Wide Area Network (WAN) adalah sebagai berikut:

  • Mengintegrasikan Jaringan LAN dan MAN Menjadi Satu

Fungsi utama dari pembangunan jaringan WAN adalah untuk melakukan integrasi serta penggabungan jaringan LAN dan jaringan MAN agar menjadi kesatuan jaringan yang utuh. Hak ini sangat menguntungkan perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang, baik di luar kota maupun di luar negeri.

  • Menghemat Biaya Operasional

Terjadinya efisien proses kerja, sehingga biaya operasional bisa di pangkas. Dengan jaringan WAN, seorang staf kantor cabang tidak harus pergi ke kantor pusat untuk mengambil data.

  • Meningkatkan Efisiensi Perpindahan Arus Informasi

Jaringan WAN juga mampu mempercepat serta mempermudah penyebaran arus informasi dan transfer data. Komunikasi antar kantor cabang dan kantor perwakilan pun akan jadi jauh lebih efisien. Peningkatan efisiensi waktu tersebut akan meningkatkan kinerja dan kemampuan perusahaan.

  • Mencegah Miskomunikasi

Komunikasi secara manual sering mengakibatkan miskomunikasi. Nah, jaringan WAN memegang peranan penting di dalam arus informasi dan proses komunikasi dari setiap kantor. Dengan begitu, kantor pusat dan setiap kantor cabang akan memperoleh informasi dari 1 server atau komputer induk. Jadi, risiko miskomunikasi bisa diminimalkan atau bahkan dihilangkan.

Contoh Wide Area Network

Kelebihan WAN

  • Berbagi informasi dan file dalam area yang lebih besar.
  • Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.
  • Mempunyai sistem jaringan yang besar dan luas sehingga mampu menjangkau negara, benua, bahkan seluruh dunia.
  • Jika terkoneksi ke internet, transfer file jarak jauh bisa di lakukan secara cepat.
  • Dapat berbagi resources dengan koneksi workstations.

Kekurangan WAN

  • Biaya operasional mahal.
  • Pengaturan lebih rumit dibanding jenis jaringan sebelumnya.
  • Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi atau filter pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini.
  • Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

Referensi

Jika terdapat kekeliruan di dalam panduan cara ini, silahkan kirim komentar perbaikan Anda ke email yang ada di Contact.

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker