Lei Jun, Gemar Teknologi Sejak Usia Muda

Agoaga.com – Lei Jun pengusaha teknologi asal China pendiri Xiaomi Tech yang kini menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di negeri tirai bambu itu. Lei Jun mendirikan perusahaan Xiaomi Tech pada 6 April 2010, dengan menerapkan strategi pasar yaitu menjual produk ponsel spesifikasi tinggi dengan harga murah, pada tahun 2014 secara mengejutkan penjualan ponsel Xiaomi meroket hingga 200 persen.

Seperti dilansir oleh The Next Web (2/7/2014), Xiaomi telah menjual sebanyak 26,1 juta smartphone-nya di semester satu tahun 2014. Jumlah penjualan tersebut jika dihitung-hitung melonjak 271 persen dibanidng total penjualan Xiaomi di tahun 2013.

Siapa Sebenarnya Lei Jun

Masa Kecil dan Sekolah

Lahir di Xiantao, Hubei, China 47 tahun silam tepatnya 16 Desember 1969, Lei Jun merupakan salah satu sosok yang mengubah wajah industri teknologi di China selain Jack Ma seorang pendiri Alibaba.com.

Sejak masih kanak-kanak Lei Jun sudah gemar akan teknologi. Setelah lulus dari sekolah Mianyang tahun 1987, Lei Jun melanjutkan studinya di Wuhan University dan menyelesaikan studinya itu dengan gelar Bachelor of Science dalam bidang Teknik.

Jenjang Karir yang Cemerlang

Pada tahun 1992, Lei Jun bekerja di Kingsoft sebagai asisten pengembangan perangkat lunak dan 6 tahun berikut tepatnya tahun 1998 Lei Jun diangkat menjadi kepala eksekutif pada tahun 1998 dan membuat Kingsoft sukses dalam penawaran saham perdana atau IPO (Initial Public Offering) di bursa saham Hong Kong.

Selama di Kingsoft, Lei Jun juga berjasa dalam pendirian Joyo.com yang merupakan e-commerce dan toko buku online, yang pada tahun 2014 dilepas ke Amazon.com dengan nilai jual US$ 75 juta.

Dan di tahun yang sama, Lei Jun menjadi inverstor terkemuka di China, ia ber-investasi di penjualan eceran pakaian online merk Vancl dan juga video sosial berbasis jaringan YY, yang sahamnya diperdagangkan di AS.

Dengan alasan kesehatan pada 20 Desember 2007, Lei Jun meletakkan jabatannya sebagai Presiden dan CEO Kingsoft. Kemudian pada 16 Desember 2008 Lei Jun menjadi Chairman UCWeb dan pada 6 April 2010 merupakan awal yang cemerlang bagi Lei Jun bersama-sama dengan Lin Bin yang merupakan mantan eksekutif Google mendirikan Xiaomi Tech.

Dengan mengusung menciptakan smartphone berkualitas tinggi dengan strategi penjualan handphone dibawah harga pasar pada umumnya yaitu setengah harga dari perangkat sejenis seperti samsung dan apple dan hanya mengandalkan penjual lewat online tanpa membuka toko retail, Xiaomi berhasil menggeser Blackberry dan Microsoft.

Pada masa itu Xiaomi berhasil berada diposisi tiga besar penjualan smartphone setelah samsung dan apple. Pada kuartal kedua, sebagai penjualan smartphone dengan pangsa pasar 14 persen di China menurut perusahaan riset Canalys, diikuti Samsung, Lenovo, dan Yulong, masing-masing dengan 12 persen. Dan pada tahun 2013, pendapatan Xiaomi lebih dari US$ 10 miliar, setara dengan Lenovo. Xiaomi terus berjuang untuk mencapai sukses besar di luar China.

Pada Agustus 2013, Xiaomi mempekerjakan mantan eksekutif Google Hugo Barra, yang disebut oleh Lei Jun sebagai orang asing pertama di perusahaannya yang diberinya tugas untuk mengawasi ekspansi internasional perusahaan Xiaomi.

Lei Jun, Keluarga dan Kekayaan

Lei Jun sendiri dikenal sebagai ‘Steve Jobs’ dari China karena gebrakannya dalam dunia teknologi dan mengubah wajah china dalam bidang industri teknologi.

Lei Jun menikahi Zhang Tong dan memiliki dua orang anak dan tinggal di Beijing. Kekayaan bersih Lei Jun sendiri yang diperkirakan berkisar 8,8 miliar dolar AS menurut Forbes dan menjadikannya salah satu orang terkaya di China dan masuk dalam daftar orang terkaya di Dunia.

  
Back to top button