Mark Zuckerberg Tinggalkan Harvard Demi Facebook

Mark Zuckerberg, dulunya adalah seorang programer komputer. Ia dikenal karena berhasil menciptakan situs jejaring sosial Facebook.

Bersama tiga teman sekelasnya ketika masih mahasiswa di Universitas Harvard; Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin dan Chris Hughes, pada tahun 2004 mendirikan Facebook menjadi sebuah perusahaan dan memposisikan Mark sebagai pejabat eksekutif.

Tahun 2010 oleh majalah Time, Mark Zuckerberg mendapat penghargaan “Person of the Year” dan pada Desember 2016 oleh Forbes masuk dalam daftar orang yang paling berpengaruh di dunia.

Awal Facebook
Ketika masih mahasiswa di Harvard, Mark Zuckerberg mencoba membuat sistem jejaring sosial untuk kelasnya. Dan seiring berjalannya sistem tersebut, mendapat tanggapan yang positif di kalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa Harvard yang ingin bergabung di dalamnya dan bahkan menyebar hingga ke universitas yang ada disekitar kampus Hardvard. Inilah cikal bakal dari Facebook yang kita dikenal saat ini.

Dengan banyaknya peminat untuk bergabung di sistem jejaring tersebut, maka Mark bersama teman-temannya berinisiatif untuk lebih mengembangkannya dan nama Facebook pun diberikan untuk sistem tersebut. Kemudian mereka pun menyewa sebuah tempat di Palo Alto, California sebagai markas awal mereka untuk mengembangkan Facebook.

Akibat keseriusan dalam mengembangkan proyek Facebook, Mark dan temannya pun dihadapkan pada pilihan yang berat antara menyelesaikan kuliah atau pengembangan proyek Facebook. Pada akhirnya mereka pun membuat keputusan yaitu melanjutkan pengembangan proyek Facebook dan meninggalkan kuliah.

Saat masih dibangku sekolah menengah Philips Exeter Academy, Mark dan D’Angelo pernah menciptakan sebuah program Plugin MP3 Player Winamp. Plugin ini disebut dapat berinteraksi dengan Aplikasi host, seperti halnya website browser atau pun email untuk keperluan tertentu.

Mark dan D’Angelo berpisah ketika mereka melanjut ke jenjang perguruan tinggi, D’Angelo masuk Caltech dan Mark Zuckerberg diterima di Harvard. Di awal-awal kuliah Mark melihat bahwa kampusnya tidak membagikan face book pada mahasiswa baru untuk jalinan pertemanan antar mahasiswa. Ia pun mendapat ide untuk membuat direktori mahasiswa berbasis online. Namun, Harvard selalu menolak ide Mark untuk membuat direktori tersebut.

Proyek CourseMatch
Meski idenya ditolak, Mark tampaknya tidak mudah menyerah dan kemudian ia mewujudkannya dengan cara lain. Mark mulai mengembangkan idenya tersebut yang sasarannya masih sebatas pada teman sekelas, proyek itu adalah CourseMatch yang memungkinkan teman sekelasnya dapat berkomunikasi satu sama lain di website tersebut. Pada suatu malam di tahun kedua kuliah, Mark mencaplok data mahasiswa Harvard dan di input ke database Facemash. Mark pun ketahuan dan dianggap mencuri data sehingga akhirnya diperkarakan. Meskipun demikian Mark tidak menyesali perbuatannya itu, kemudian ia melakukan penyempurnaan Facemash menjadi versi terbaru yaitu Facebook.

Biografi Mark Zuckerberg

Nama Lengkap: Mark Elliot Zuckerberg
Nama Populer: Mark Zuckerberg
Lahir di: White Plains, New York, Amerika
Tanggal Lahir: 14 Mei 1984
Istri: Priscilla Chan
Anak: Maxima Zuckerberg, August Chan Zuckerberg
Pernah kuliah di: Universitas Harvard (2002–2004)
Jumlah Kekayaan Pribadi: 70,9 miliar USD (2017) Forbes

Sumber: Wikipedia

Tags

Related Articles

Back to top button
Close