Mau Menikah? Ajak Dulu Pasangan Bahas Keuangan yang Satu Ini

Selain cinta dan kasih sayang, financial juga merupakan hal yang penting dalam membangun rumah tangga. Kebanyak pasangan belum begitu terbuka untuk masalah yang satu ini dan dapat dipastikan menjadi suatu konflik bagi tiap pasangan jika tidak mengetahui kondisi sebenarnya keuangan masing-masing.

Agar nantinya saat membina rumah tangga bisa terhindar dari masalah tersebut, sebelum menikah ajaklah pasangan Anda berdiskusi tentang keuangan kedepan.

1. Pendapatan bulanan. Saling terbuka soal pendapatan masing-masing jika keduanya mendapat gaji. Jadi anda bisa menggambarkan seberapa besar pemasukan yang didapat setiap bulan. Pendapatan diluar gaji juga harus turut dibahas.

2. Hutang piutang. Jujurlah jika berkaitan dengan hutang piutang, agar masing-masing ikut merasa bertanggung jawab. Baik itu cicilan mobil, rumah, atau bahkan cicilan perangkat elektronik.

Maka kelak bersama-sama dapat menghitung besaran uang yang harus dibayarkan setiap bulannya.

3. Kartu kredit. Juga jika masing-masing menggunakan kartu kredit. Ini harus masuk dalam pembicaraan, baik nilai tagihan bulanan dan mengenai penggunaan kartu kredit tersebut.

Karena kartu kredit bisa jadi masalah yang krusial, maka dari itu bicarakan tentang batasan dan perhitungan penggunaan kartu kredit masing-masing. Atau bila perlu cukup satu aja digunakan dan yang satunya lagi ditutup.

4. Anggaran member. Pada bagian ini masing-masing anda mungkin ingin ikut atau telah menjadi pelanggan baik itu member kebugaran tubuh, menggunakan koneksi internet, tv berlangganan. Ada baiknya memilih mana yang lebih prioritas agar masing-masing tidak saling menyalahkan.

Sebenarnya ada banyak lagi hal-hal yang terkait keuangan yang perlu dibahas. Dan 4 kategori diatas dipilih karena merupakan masalah yang sering dijumpai ketika baru memulai membina rumah tangga. Selamat membahas ya!

  
Back to top button