Mengelola Device Driver Windows dengan Command Prompt

Di Windows, Kamu dengan mudah dapat mengelola perangkat keras melalui Device Manager. Lalu, bagaimana pula jika dengan komputer server atau device driver yang menggunakan baris perintah?

Mungkin jawabannya ada di Windows Device Console (DevCon).

DevCon adalah bagian dari Windows Driver Kit dan merupakan utilitas baris perintah yang dapat digunakan untuk dengan cepat menonaktifkan, mengaktifkan, menginstal, menghapus, memindai dan daftar semua perangkat perangkat keras di komputer lokal atau jaringan.

Menggunakan Windows Device Console

DevCon tersedia secara gratis dan dapat diunduh dari situs web Microsoft. Setelah diunduh, ekstrak file yang dapat dieksekusi dan letakkan di suatu tempat di drive C, agar dapat dicapai dengan mudah di command prompt.

Buka Command Prompt sebagai administrator. Caranya; cari command prompt di menu Start kemudian klik kanan dan pilih “Run as administrator.” Untuk Windows 8, pilih opsi “Command Prompt (Admin)” dari menu (Win + X).

Kemudian arahkan ke folder 32-bit (i386) atau 64-bit (ia64) di folder “devcon” dengan perintah seperti ini; cd c:\devcon\i386

Perintah diatas, folder devcon diletakkan di drive C.

Ketikkan perintah berikut untuk mendapatkan bantuan tentang sintaks, berbagai perintah dan argumen yang digunakan Devcon; devcon help

Untuk melihat daftar perangkat gunakan perintah find dengan entri wild card. Karena DevCon juga digunakan melalui jaringan, perlu menentukan nama komputer untuk mendapatkan daftar perangkat. Hal ini dimungkinkan dengan mudah menemukan nama komputer Windows di jendela “System Properties”.

Misalnya; untuk mendapatkan rincian tentang CD-ROM, saya menggunakan perintah berikut. Jangan lupa mengganti nama komputer dan nama perangkat. Dimungkinkan bisa mengganti-ganti “deviceName” dengan ID perangkat keras.

devcon.exe -m:\\computerName find deviceName

Cara lain dengan menggunakan perintah Hardware IDs untuk mendapatkan daftar semua perangkat. Untuk itu gunakan perintah berikut; devcon.exe hwids *

Perintah berikut untuk memangkas daftar;

devcon.exe -m:\\computerName hwids deviceName*

Selanjutnya, perintah berikut untuk mendapatkan nama dan status perangkat. Dan juga dimungkinkan menggunakan ID perangkat keras atau nama dengan entri wildcard.

devcon.exe status deviceName

Gunakan perintah di berikut, jika ingin melakukan enable dan disable perangkat utilitas DevCon. Entri wild card digunakan seperlunya saja, dan perlu hati-hati karena dapat menonaktifkan perangkat lain.

devcon.exe disable deviceName dan devcon.exe enable deviceName

Jika ingin memindai device baru, gunakanlah perintah di bawah ini. Ini layaknya seperti tombol “Scan for new hardware” pada Device Manager.

devcon.exe rescan

Untuk melakukan instal driver tertentu menggunakan utilitas DevCon, diperlukan file INF yang dibundel dengan file driver. Sebelumnya gantikan “Path to INF file” dengan jalur sebenarnya dan “hardwareID” dengan hardware ID yang sebenarnya. Switch / r yang ada didalam perintah adalah untuk restart komputer setelah proses selesai. Berikut perintahnya; devcon.exe /r install "path to INF file" hardwareID

Perintah untuk update device driver; devcon.exe /r update "path to INF file" hardwareID

Untuk menghapus device atau perangkat, perintahnya seperti ini; devcon /r remove "hardwareID"

Sekali lagi perlu diingat, tetap hati-hati saat entri wild card. Agar tidak terjadi kesalahan yang tak diinginkan.

Nah, seperti itulah cara mengelola device driver Windows dengan Command Prompt. Sebenarnya masih banyak perintahnya dan itu bisa diperoleh di Microsoft Library. Selamat mencoba ya!!

Tags

Recommended