Moms… Ini 4 Cara Mencegah Anak Tantrum

Moms… tugasmu sebagai ibu rumah tangga memang cukup berat, khususnya dalam mengurus si buah hati. Tidak ada kata pandai atau pintar dalam hal urusan ini, tapi terus dan terus belajarlah untuk mengatasi setiap masalah.

Apalagi menghadapi prilaku atau bahkan kelainan yang terjadi pada anak, seperti tantrum.

Tantrum (atau tantrum temper) adalah ledakan emosi, biasanya dikaitkan dengan anak-anak atau orang-orang dalam kesulitan emosional, yang biasanya ditandai dengan sikap keras kepala, menangis, menjerit, berteriak, menjerit-jerit, pembangkangan, mengomel marah, resistensi terhadap upaya untuk menenangkan dan, dalam beberapa kasus, kekerasan.

Menghadapi si kecil yang tantrum harus sabar dan tenang, namun akan lebih baik lagi jika bisa mencegahnya. Seperti dilansir dari New Parent, ini sekian cara mencegah agar tantrum pada anak tak perlu terjadi.

1. Jaga moodnya tetap baik
Ini adalah cara paling penting yang harus dilakukan Moms. Ketahui pattern anak, kegiatannya, kapan ia lapar, lelah dan butuh istirahat. Menjaga moodnya tetap baik akan mencegah anak tak akan tantrum.

2. Konsisten
Jaga konsistensi sikap pada anak. Jangan plin-plan menentukan sikap, Hari ini ia boleh nonton TV hingga malam, besoknya tak boleh. Sikap ini akan membuat anak bingung dan mempertanyakan alasannya. Buat rutinitas dan aturan yang jelas agar anak paham dan bisa mengikutinya.

3. Siap kapan saja
Terkadang tantrum anak tak diketahui apa sebabnya, selalu siapkan mental untuk menghadapi segala situasi dan kondisi. Belajar mengalihkan perhatian sehingga bisa lupa masalahnya dan menenangkan emosinya.

4. Adil
Tantrum pada balita bisa dikendalikan jika dilakukan dengan adil. Jangan memaksa ketika anak tak suka, misalnya memilih makanan, mainan dan kegiatan yang akan dilakukan. Keep them happy.

Menjadi ibu memang proses belajar yang panjang Moms, dan hal ini tak lepas dari skill yang bisa diasah setiap waktu agar bisa jadi ibu terbaik baginya.

  
Back to top button