Pendaftaran CPNS Sudah Bisa di Akses

Situs https://sscn.bkn.go.id kini sudah bisa diakses. Bagi pelamar, sudah bisa membuat akunnya di SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional). Dan situs ini merupakan satu-satunya portal resmi penerimaan CPNS 2018.

Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, setelah membuat akun, pendaftar bisa memilih instansi dan formasi yang akan dilamar, sesuai pencarian lowongan yang sudah bisa diakses sejak 19 September 2018.

“Jika ternyata instansi yang akan dipilih belum tersedia, berarti instansi tersebut belum memulai menerima pendaftaran atau belum selesai diverifikasi oleh BKN,” kata Ridwan dalam pernyataan resminya, Rabu (26/9/2018).

Secara umum, pendaftaran online berada dalam range 26 September sampai 10 Oktober. Karena itu seluruh instansi diminta segera membuka pendaftaran agar bisa mendapatkan pelamar yang sesuai keinginan. Sebab, ada 76 instansi pusat dan 525 daerah yang mencari SDM andal.

Dia mempersilakan pelamar melihat web instansi yang dituju untuk mendapatkan informasi terkini. BKN adalah salah satu instansi yang mulai membuka pendaftaran.

“Khusus untuk BKN, kami memiliki www.bkn.goid dan media sosial twitter.com/BKNgoid, facebook.com/BKNgoid, instagram.com/BKNgoidOfficial dan youtube.com/c/BKNgoidOfficial,” tutupnya.

Dimulai, Tapi Tidak Serentak

Agar tidak melanggar jadwal yang ditetapkan, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) memutuskan untuk membuka pendaftaran CPNS 2018 mulai 26 September. Keputusan itu merupakan hasil rapat Panselnas yang digelar Selasa (25/9/2018) hingga menjelang maghrib.

“Kami putuskan untuk tetap membuka pendaftaran pada 26 September. Pelamar sudah bisa mengakses portal SSCN BKN pukul 00.01 wib,” kata Ketua Panselnas CPNS 2018 Bima Haria Wibisana.

Dia menyebutkan, awalnya masih tarik menarik soal pembukaan pendaftaran karena masih banyaknya instansi belum siap. Namun, sesuai rapat Panselnas, pendaftaran tetap dibuka 26 September walaupun tidak serentak.

Awalnya, Panselnas ingin pendaftaran dibuka serentak agar tidak ada instansi yang sepi pelamar. Namun, bila harus menunggu seluruh instansi siap waktunya molor lagi.

“BKN kan punya kewajiban menyelesaikan Nomor Induk Pegawai tahun ini juga. Kalau tunggu semuanya siap ya susah juga,. Bagi yang belum siap sudah risikonya, salah satunya sepi pelamar,” tandas Bima yang juga kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini.

Dia menyebutkan, sudah ada beberapa instansi yang membuka pendaftaran besok, salah satunya BKN. Pelamar yang ingin dafar pun sudah bisa membuat akun peserta sembari menunggu semua instansi membuka pendaftaran.

Untuk buku petunjuk pendaftaran CPNS 2018 dapat diunduh disini

Sumber: JPNN

Tags

Related Articles

Back to top button
Close