Pentingnya Gorilla Glass Untuk Layar Ponsel Anda

Agoaga.com – Gorilla Glass… Fitur yang satu ini cukup punya andil untuk melindungi layar smartphone dari goresan dan mungkin bantingan.

Dikembangkan oleh Corning Inc., Gorilla Glass adalah gelas yang terbuat dari bahan yang disebut alkalialuminosilikat, yang dibentuk oleh ikatan aluminium, silikon dan oksigen digabungkan bersama-sama. Ini bukan bahan yang bisa Anda temukan di alam manapun, atau lebih tepatnya, Corning memulai perkembangannya pada pertengahan tahun 2005. Teknologi ini dirancang agar tahan terhadap kerusakan dan goresan, ringan, dan tipis (tebal 0,4 mm).

Sejarah Gorilla Glass

Seorang ahli di Corning sedang melakukan eksperimen dengan menaruh sebuah kaca fotosensitif dalam perapian. Lalu perapian tersebut mengalami peningkatan suhu hingga 900 derajat celsius dari yang seharusnya 600 derajat celcius. Hal itu membuat ahli tersebut berpikir bahwa kaca itu akan meleleh. Namun yang didapatinya diluar dugaan, adalah sebuah lembaran yang buram dan ketika ilmuwan itu mengeluarkannya dari perapian, kaca jatuh ke lantai. Dan bukannya pecah, malah kaca itu memantul dari lantai.

Jadi teknologi yang dipakai saat ini merupakan modifikasi dari sebuah eksperimen gagal. Pada awal 1960, ada studi dengan nama “Project Muscle” yang bertujuan mempelajari cara memperkuat kaca. Mereka mencoba mencelupkan kaca pada kalium sehingga terjadi pertukaran ion yang dapat memperkuat kaca.

Pertukaran Ion

Kaca diletakkan pada garam yang sudah dicairkan pada suhu 400 derajat celcius agar sodiom ion yang terkecil dapat keluar dari kaca dan kalium dapat masuk untuk menggantikannya. Dam ketika dalam keadaan dingin, ion yang lebih besar terkompres pada permukaan kaca dan membuat kaca jadi lebih kuat.

Berikut rincian lebih lanjut tentang setiap versi Gorilla Glass dan perbedaan utamanya di bawah ini:

Gorilla Glass 1

Gorilla Glass pertama antara 2005 dan 2006. Debut besarnya pada tahun 2007 hadir bersama iPhone dimana Apple merilis perangkatnya ke seluruh dunia. Permintaan pun berkembang yaitu dengan teknologi pada layarnya setebal 1,5 mm dan memiliki lapisan oleophobic yang meminimalkan sidik jari dan noda.

iPhone bukan satu-satunya smartphone yang menggunakan Gorilla Glass pada display. Corning menyebutkan ada sekitar 250 perangkat lainnya yang juga menggunakan Gorilla Glass generasi pertama.

Gorilla Glass 2

Pada tahun 2012, Corning merilis Gorilla Glass 2 hadir di CES. Teknologi yang dihadirkan tetap sama yakni kaca yang tahan terhadap goresan, namun perubahan terjadi di ukuran ketebalan. Generasi kedua ini 20% lebih tipis dari model pertama. Dalam tes laboratorium, bisa menahan tekanan hingga 50 kg tanpa retak atau pecah.

Pada tahun yang sama, Gorilla Glass aada pada 600 juta perangkat. Karena versi ini lebih tipis dari yang pertama, produsen membuat model ponsel ringan dan lebih ringan. Baik Nexus 4 dan Galaxy S3 dilengkapi dengan Gorilla Glass 2.

Gorilla Glass 3

Kaca Gorilla Glass 3 membawa lebih banyak perubahan, tidak seperti versi sebelumnya yang lebih fokus pada ketebalan. Ini juga merupakan generasi yang memperkenalkan teknologi Native Damage Resistance (NDR), yang memungkinkan kaca untuk menangani goresan yang lebih dalam lagi. Menurut Corning, generasi ketiga mencegah hingga 35% goresan di layar.

Untuk memperingati versi ketiga teknologi mereka, Corning berencana untuk meningkatkan ketahanan Gorilla Glass tiga kali lipat dibandingkan versi yang lebih tua. Mereka bisa melakukan ini berkat proses manufaktur baru. Galaxy S3 dirilis pada CES 2013, dan itu datang pada model seperti Galaxy S4 , yang Moto G , dan Moto X .

Gorilla Glass 4

Pada tahun 2014, Corning mempresentasikan Gorilla Glass-nya dengan tujuan baru yang lebih berani. Melalui salah satu survei, perusahaan menemukan bahwa 70% kerusakan layar ponsel disebabkan oleh tetes, dan karena itu mulai berinvestasi untuk memperkuat kacanya. GG 4 dikembangkan dengan fokus pada gagasan untuk tahan terhadap tetes.

Padahal, menurut penelitian laboratorium, versi keempat Gorilla Glass dua kali lebih kuat dari pendahulunya. Jelas, teknologi ini tidak memberikan perlawanan yang dekat dengan dampak besar bahwa Moto ShatterShield pada Moto Force. Galaxy Note 5 dan ZenFone 2 Laser adalah beberapa model yang datang dengan generasi keempat ini.

Gorilla Glass 5

Generasi kelima menghasilkan kekuatan empat kali lipat dari versi sebelumnya. Corning telah merilis bahwa dalam tes laboratorium, Gorilla Glass 5 telah bertahan turun hingga 1,6 meter. Konon, pabrikan juga menjamin bahwa teknologinya bisa mencegah retakan hingga 80% jatuh ke permukaan yang sangat keras setinggi 1 meter.

  
Back to top button