Realme C3 Ponsel Entry-Level bisa Lancar Gaming

Di awal 2020 ini ponsel entry-level atau low-end kembali muncul. Kali ini dari Realme. Produsen smartphone asal Tiongkok itu yang juga juniornya Oppo ini telah meluncurkan Realme C3 yang sebelumnya sekira sebulan lalu telah meluncurkan Realme 5i.

Realme C3 hadir dengan set-up Triple Camera, kemudian menggunakan chip MediaTek Helio G70. Jadi  worthed lah buat gaming. Selain itu baterai yang dimiliki 5.000 mAh.

Berikut ulasan Realme C3

Untuk kelengkapannya seperti dikutip dari laman jawapos.com, di dalam kotak Realme C3 terdapat satu charger 5V 2A, micro USB cable, buku kecil panduan termasuk kartu garansi, SIM card tool ejector dan screen protect film yang langsung terpasang di perangkat Realme C3.

Pada bagian layar cukup menawan meski ekonomis. Perangkat Realme C3 diklaim sebagai Entry-level King dengan chip Helio G70 pertama di Indonesia ini hadir dengan finishing cat yang sengaja dibuat agak kasar dan mengilap saat disinari cahaya, namun tak mudah tergores atau kotor.

Smartphone dirancang dengan penutup plastik serta penyegelan port. Jadi, semua port di ponsel tertutup rapat dan tahan percikan. Realme C3 hadir dengan dua pilihan warna; Frozen Blue atau biru dan Blazing Red atau merah.

Dibagian belakang, Realme C3 hadir dengan pemindai sidik jari tepat di tengah atas. Masih bagian belakang, di sisi kiri atasnya ada tiga kamera utama yang disusun secara vertikal. Di sebelah area kamera ada LED Flash Light dan tulisan ‘AI Super Camera’ yang menjadi tanda bahwa handset ini dibekali dengan sistem kamera berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Dibagian depan, Realme C3 hadir dengan layar mini drop seluas 6,5 inci dengan rasio layar hingga 89,8 persen. Panel layarnya sendiri masih LCD, dengan resolusi HD Plus 720 x 1.600 piksel. Pas-pasan lah untuk layar 6,5 inci. Layarnya dibalut dengan Corning Gorilla Glass 3, yang menjadikannya double protection.

Meski digunakan dibawah terik sinar matarhari, layarnya tampil cukup baik. Yah, agar maksimal tetap harus mengatur tingkat kecerahan. Interaksi di dalam layar juga terbilang baik. Responsif ditambah dengan pengalaman sentuh yang halus.

Tidak ada tombol fisik dibagian depan, untuk fungsi tombol Home dan Back semuanya nyatu dalam layar sebagai tombol virtual bersama sistem operasi Android 10 dengan user interface anyar besutan Realme, yakni Realme UI yang beda dari biasanya.

Pada sisi kiri Realme C3 terdapat laci untuk slot SIM-Card dan MicroSD yang bisa memasukkan dua kartu SIM dan MicroSD atau bisa diistilahkan dengan dedicated slot. Masih di sisi kiri, terdapat tombol volume ‘up and down’. Di bagian kanan, ada tombol power yang fungsinya bisa juga sebagai Google Assistant.

Berada di bagian bawah ada barisan elemen penting lainnya, seperti micro USB, microphone, jack headphone, dan speaker. Untuk bagian atasnya polos dengan bagian sisi kanan, kiri, atas, dan bawah Realme C3 dibuat senada dengan warna keseluruhan bodi.

Kelayakan yang diandalkan

Kendati perangkatnya menyasar konsumen entry-level, ponsel Realme C3 sangat worthed-lah dan bahkan untuk gaming. Karena ada dukungan performa chip MediaTek Helio G70 itu tadi, yang jika sandingkan dengan sekelasnya yakni kompetitor Qualcomm, atau mungkin setara dengan Snapdragon 665 yang biasa hadir di handset kelas menengah.

Terkait teknis, chip MediaTek Helio G70 hadir dengan proses fabrikasi 12 nm delapan inti (Octa-core) dengan kecepatan hingga 2,0 GHz. Chip disandingkan dengan GPU ARM Mali-G52 yang memiliki kinerja tinggi tapi tetap efisien. Penyimpanan Realme C3 yakni RAM/ROM 3/32 GB yang memungkinkan menyimpan bermacam jenis data. (**/int)

Tags
  

Related Articles

Back to top button
Close