Sony Luncurkan Ponsel Premium dengan Layar TV

Sony dikabarkan akan meluncurkan smartphone premium dengan teknologi layar terbaru dan lebih memperkuat lagi pada sisi kamera.

Xperia XZ3 merupakan ponsel dengan dioda pemancar cahaya organik atau layar OLED, jenis yang sama ada pada iPhone X Apple. Sebelumnya Sony telah menggunakan teknologi ini pada saluran TV Bravia-nya.

Layar OLED lebih efisien daya dan memungkinkan perangkat untuk menampilkan warna yang lebih hidup dan kontras.

Sony telah memperkenalkan Xperia XZ3 di pameran elektronik konsumen IFA di Berlin, Jerman.

Spesifikasi utama lain didalamnya: Layar OLED 6 inci, kamera utama 19 megapiksel dan kamera selfie 13 megapiksel.

Sony berharap perangkat terbarunya ini dapat membantu mengubah nasib bisnis smartphone setelah sebelumnya mengalami kerugian operasional.

Secara global, perusahaan menghubungkan penurunan itu dengan penurunan yang terjadi pada smartphone.

Untuk mengatasi masalah itu, Sony melakukan berbagai cara seperti mencoba menurunkan portofolio ponselnya demi keuntungan yang lebih dari jumlah produksi. Akan tetapi secara bersamaan telah berhadapan dengan persaingan ketat antar ponsel seperti Apple dan Samsung untuk pasar premium dan Huawei di pasar menengah atas.

Menurut data Couterpoint Research, pada kuartal kedua 2018, Sony baru saja mencapai 0,6% dari pangsa pasar smartphone global dan ini turun dari 1% pada periode yang sama tahun lalu.

Cara lain yang dilakukan Sony yaitu dengan menggandakan bidang yang berkembang pesat dari bisnisnya untuk mengimbangi penurunan di ponsel seperti unit permainan PlayStation dan sensor gambar.

Dengan Xperia XZ3, Sony memfokuskan pada kamera dan kualitas layar.

Kamera ponsel ini memiliki kemampuan untuk merekam video 4K dengan empat kali resolusi definisi tinggi standard dan berjalan pada versi terbaru dari sistem operasi Android Google.

Untuk menarik minat pengguna game seluler yang terus berkembang, Sony menawarkan unduhan digital “Call of Duty: Black Ops” untuk orang-orang yang melakukan pre-order perangkat.

Namun analis mengatakan Xperia XZ2 tidak mungkin untuk meningkatkan pangsa Sony di pasar smartphone.

“Di pasar premium mereka anjlok karena Jepang adalah satu-satunya pasar penjualan ponsel premium Sony. Jepang, secara keseluruhan menyumbang lebih dari setengah penjualan smartphone Sony. Jadi akan lebih selaras untuk berhasil di pasar dalam negeri daripada di luar Jepang, “Neil Shahe, direktur riset di Counterpoint Research mengatakan kepada CNBC melalui email sebelum peluncuran.

Sumber: CNBC

  
Back to top button