Tentang Sistem Operasi Fungsi dan Macamnya

5 sistem operasi; Linux, Windows, MacOS, Cisco, Android

Perangkat keras atau hardware yang berhubungan dengan IT pastilah membutuhkan sistem operasi. Karena sistem operasi merupakan rumah atau tempat bagi software-software aplikasi.

Untuk sebagian besar orang awan menyangka bahwa sistem operasi yang ada di komputer itu hanya Windows saja dan mereka bahkan ada yang menyatakan sistem operasi itu adalah Windows. Lalu Linux dengan distronya, MacOS, Android dan lainnya kan itu sistem operasi juga?

Nah, sebelum lebih lanjut menerangkan tentang fungsi dan macam-macamnya, dibahas dulu tentang defenisi sistem operasi.

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi yang disingkat OS adalah sistem perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur dan mempermudah komunikasi antara perangkat keras dengan perangkat lunak atau software aplikasi dalam suatu sistem komputer.

Atau istilah lainnya dapat disimpulkan bahwa sistem operasi merupakan rumah atau tempat bagi software (perangkat lunak) aplikasi untuk menjalankan fungsinya, seperti Photoshop, Microsoft Office, Printer dan lain sebagainya. Jadi tanpa sistem operasi maka software aplikasi tersebut tidak dapat digunakan sama sekali.

Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  • Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory.
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi.
  • Command Interpreter atau shell bertugas membaca input dari pengguna.
  • Pustaka-pustaka, yaitu sebagai penyedia kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

Fungsi Sistem Operasi

  • Komputer atau gadget menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
  • Memungkinkan sumber daya komputer digunakan secara efisien.
  • Sistem operasi disusun atau diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan atau pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.

Macam-macam sistem operasi

Setelah membahas beberapa fungsi dari sistem operasi, maka lanjut ke macam-macam dari sistem operasi. Namun disini yang dipaparkan hanya 5 sistem operasi saja.

Linux

Sistem operasi ini cukup diminati para programmer. Karena Linux merupakan sistem operasi yang open source,  dimana softwarenya mudah diperoleh serta dapat dimodifikasi oleh pengguna. Fungsi lain Linux dapat digunakan sebagai sistem operasi jaringan. Sistem keamanannya juga sangat bagus. Satu hal lagi yang membuat programmer betah menggunakan linux karena mendukung bahasa pemograman. Sebagian besar pengguna memilih Linux dengan distronya untuk menghindari linsensi yang harus dibayarkan, seperti Windows atau MacOS.

Sistem operasi Linux memiliki Distro, antara lain: Ubuntu, CentOS, Debian, Fedora, Slackware, Mint, Xubuntu, Arch, OpenSUSE, Red Hat, Slackel, PureOS, Mageia, PCLinuxOS, Puppy, Zorin, BunsenLabs, Kubuntu, Manjaro, Bodhi, Netrunner, Neptune, Kali, Black Lab, Solus.

Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia saat ini, khususnya di perangkat komputer. Berbagai versi pun telah dikeluarkan mulai dari; Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0), Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012 dan terakhir yaitu Windows 10 yang dirilis pada Juli 2015.

MacOS (Macintosh Operating System)

MacOS adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Jadi sistem operasi ini tak dapat berjalan di komputer yang bukan keluaran Apple. Versi terbaru dari sistem operasi ini adalah MacOS X versi 10.12 (Sierra).

Kode untuk versi terbarunya adalah Mojave yang rilis pada September 2018. Pengguna MacOS cukup banyak, meski tak sebanyak pengguna Windows. Dan Amerika Serikat merupakan pengguna terbanyak untuk sistem operasi ini. Untuk harga lisensi MacOS lebih mahal dari Windows.

Cisco IOS (Internetwork Operating System)

Cisco IOS adalah keluarga perangkat lunak yang kebanyakan digunakan oleh router Cisco Systems dan switch jaringan Cisco saat ini. IOS merupakan paket routing, switching, fungsi internetworking dan telekomunikasi yang terintegrasi ke dalam sistem operasi multitasking.

Android

Nah ini dia para pengguna Android. Jadi agar kamu tahu bahwa Android itu adalah sistem operasi.

Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang khusus untuk perangkat layar sentuh seperti smartphone dan komputer tablet. Pada awalnya Android dikembangkan oleh Android Inc, kemudian pada 2005 Google membelinya. Dan pada 2007, sistem operasi ini secara resmi dirilis bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Sedangkan untuk ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

Hingga saat ini versi dari Android sudah banyak, antara lain;

  1. Oreo versi 8.0, dirilis 21 Agustus 2017
  2. Nougat versi 7.0, dirilis 22 Agustus 2016
  3. Marshmallow versi 6.0, dirilis 19 Agustus 2015
  4. Lollipop versi 5.x, dirilis 15 Oktober 2014
  5. KitKat versi 4.4.x, dirilis 31 Oktober 2013
  6. Jelly Bean versi 4.3.x, dirilis 24 Juli 2013
  7. Jelly Bean versi 4.2.x, dirilis 13 November 2012
  8. Jelly Bean versi 4.1.x, dirilis 9 Juli 2012
  9. Ice Cream Sandwich versi 4.0.3–4.0.4, dirilis 16 Desember 2011
  10. Honeycomb versi 3.2, dirilis 15 Juli 2011
  11. Honeycomb versi 3.1, dirilis 10 Mei 2011
  12. Gingerbread versi 2.3.3–2.3.7, dirilis 9 Februari 2011
  13. Gingerbread versi 2.3–2.3.2, dirilis 6 Desember 2010
  14. Froyo versi 2.2, dirilis 20 Mei 2010
  15. Eclair versi 2.0–2.1, dirilis 26 Oktober 2009
  16. Donut versi 1.6, dirilis 15 September 2009
  17. Cupcake versi 1.5, dirilis 30 April 2009
Sumber: Wikipedia, Linux, Apple, Microsoft, Android

Tags

Recommended