Tips Traveling Backpacker Keliling Dunia dan Persiapannya

Ada banyak cara untuk bepergian dengan baik. Pastinya ada beberapa pengalaman kecil yang Anda pelajari selama dalam perjalanan, seperti memastikan menemukan peta di bandara sebelum memulai bepergian hingga selalu membawa kantong plastik untuk pakaian kotor.

Seorang wartawan news.com.au menceritakan tentang kiat perjalanan terbaik bagi mereka. Berikut ini tips & trik perjalanan utama mereka. Apakah ada 1 hal yang terlewat selama ini dalam perjalanan anda? Mari simak satu persatu;

  1. Cuci pakaian Anda di wastafel / kamar mandi. Gunakan sabun hotel. Jauh lebih mudah dari pada menemukan jasa laundry di negara asing. Karena pakaian dalam hanya dapat digunakan beberapa kali saja.
  2. Selalu membawa perlengkapan P3K; obat antiseptik, obat-obatan ringan untuk demam, masuk angin, atau batuk pilek.
  3. Membawa tisu bayi/ facewipes. Ini bisa digunakan untuk membersihkan tangan, wajah atau bagian-bagian tertentu ketika anda jauh dari kamar mandi atau toilet.
  4. Sebelum mengunjungi sebuah negara kita harus mempelajari what to do and what does not, what to say and what doesn’t pada satu negara tersebut. Salah berkata dan salah bersikap perjalanan kita tidak akan terasa damai.
  5. Toko grosir adalah sumber daya terbaik bagi wisatawan. Makanan murah, rasa lokal. Temukan yang terdekat ke hotel Anda untuk menghemat uang.
  6. Untuk uang, bisa disimpan di tempat yang berbeda. Jika kehilangan dompet,kita masih punya simpanan lain.
  7. Gulung pakaian saat pengepakan. Tidak dalam keadaan dilipat. Dengan barang yang dibawa akan lebih cukup.
  8. Selalu simpan kantong plastik cadangan untuk pakaian atau sepatu kotor. Kaus kaki yang bau akan membuat pakaian bersih Anda bau, ini harus dipisah.
  9. Sepele namun penting. Berenang merupakan keahlian pelengkap dalam menikmati setiap perjalanan. Mungkin di negara tujuan menemukan danau atau laut yang sayang untuk dilewatkan.
  10. Ketahui berapa biaya apabila menggunakan taksi untuk bepergian. Bawalah kartu alamat hotel tempat menginap dan jangan lupa membawa peta. Mintalah pengemudi taksi untuk menggunakan meteran. Pastikan juga bahwa mereka supir taksi yang sah.
  11. Selalu bawa peta hardcopy dari kota yang akan Anda tuju. Gunakan biaya telepon sebijak mungkin.
  12. Pastikan kartu bank Anda berfungsi dan bisa digunakan di negara yang dituju. Untuk jaga-jaga dalam keadaan darurat. Karena kita sedang berada di negara orang.
  13. Jika mengendarai mobil haruslah bisa menggantikan ban sendiri jika pecah ban. Hukum Murphy mengatakan jika Anda tidak tahu cara mengganti ban ketika dalam perjalanan, berarti anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk penginapan.
  14. Harus selalu bersedia tidur dalam kondisi dan tempat di mana saja.
  15. Anda harus selalu siap untuk mengabadikan momen terbaik di perjalanan anda. Keahlian pengambilan foto sangatlah diperlukan agar hasilnya tidak sia-sia. Baca: 10 Spot Terbaik di Dunia Melihat Sunset versi Warganet
  16. Bedakan penyimpanan dokumen perjalanan dengan pakaia nanda, bisa juga menggunakantas kecil khusus untuk itu. Atur sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu repot-repot membongkar tas saat check-in bandara.
  17. Gunakan transportasi umum. Lebih cepat, mudah, lebih murah dan ini juga memberi pengalaman perjalanan yang lebih baik.
  18. Beli dan pakai sepatu berjalan yang baik. Kaki Lepuh karena sepatu atau sandal tentu tidak menyenangkan.
  19. Upayakan untuk selalu bersosialisasi dengan penduduk setempat agar lebih menambah wawasan tentang daerah yang dikunjungi. Penduduk setempat dapat membantu menemukan tempat-tempat rahasia yang mungkin belum terekspos sebelumnya.
  20. Cari tahu di mana kantor kedutaan berada. Ini merupakan hal yang serius. Jangan berpikir bahwa anda berada di negara “aman”. Untuk langkah awal Anda bisa mencarinya di Google Map. Baca: Cara Order Ojek Online via Google Maps
  21. Ketahui dan pahami hukum di negara setempat.
  22. Sebelum melakukan perjalanan keluar negeri, agar terlebih dahulu vaksinasi diri anda. Sakit di negara lain sangat tidak menyenangkan.
  23. Fotokopi semua dokumen perjalanan anda. Berikan salinan kekeluarga / teman. Jika Anda kehilangan paspor atau dokumen perjalanan Anda, pencadangan ini akan sangat membantu Anda. Ini juga akan membantu keluarga Anda menemukan Anda saat terjadi bencana.
  24. Pelajari beberapa frasa bahasa lokal. Bicaralah pada penduduk setempat dan pengalaman budaya mereka. Jangan hanya melewatinya.
  25. Ketahui kasus-kasus penipuan yang terjadi pada masing-masing negara yang akan dikunjungi. Baca: Cara Agar Tidak Tertipu saat Belanja Online
  26. Pelajari tentang transaksi pembelian (tawar menawar). Menawar barang atau souvenir akan sangat menghemat uang Anda.
  27. Pelajari geografi dasar negara yang Anda kunjungi. Adalah pelancong buruk jika tidak tahu arah tujuan perjalanannya.
  28. Bagi anda yang suka petualangan alam, ada baiknya membawa kompas dan tahu cara menggunakannya agar tidak tersesat kelak.
  29. Pelajari cara menggunakan sumpit. Jangan terlihat seperti turis yang meminta garpu. Sumpit adalah suatu keharusan.
  30. Proteksi diri dengan asuransi perjalanan. Sudah jelas, tapi mungkin salah satu item terpenting dalam daftar ini.
  31. Teliti bandara yang Anda lalui sehingga Anda dapat menemukan jalan tercepat dan menggunakan fasilitas.
  32. Periksa apakah air minumnya aman jika digunakan untuk menyikat gigi, es dalam koktail dan air minum di kamar mandi.
  33. Waspadai takut akan ketinggian. Beri diri Anda waktu untuk menyesuaikan dengan daerah yang tinggi, minum air mineral lebih banyak saat Anda berada di ketinggian.
  34. Pelajari sistem lalulintas dan trayek jalanan di negara yang dikunjungi.
  35. Hormatilah. Budaya di negera yang dikunjungi.

Selamat backpacker ya…

Tags

Recommended