Tujuh Wisata Alam Menarik di Kepulauan Mentawai

Agoaga.com – Kepulauan Mentawai kini terkenal sebagai salah satu destinasi surfing yang menjadi impian para peselancar dunia. Tuapeijat adalah ibu kota Kepulauan Mentawai terletak di Pulau Sipora.

Berkunjung ke Tuapeijat, menawarkan banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Lokasinya dan pantai-pantainya masih alami dan bersih.

1. Dermaga Tuapeijat

Jika hendak mengunjungi Tuapeijat dari Kota Padang, dermaga tujuan adalah Dermaga Tuapejat yang merupakan titik 0 km Tuapeijat. Pemandangan yang indah terbentak di dermaga ini.

Di seberang dermaga terdapat hamparan hutan mangrove. Di depan teluk yang tenang terlihat pulau yang cukup besar. Ikan-ikan kecil yang berkejaran akan terlihat di laut yang bening.

2. Pantai Jati

Untuk bisa ke Pantai Jati cukup dengan berjalan kaki, karena jaraknya hanya 1 km dari Dermaga Tuapejat. Perjalanannya jadi menyenangkan karena menelusuri pantai yang bersih. Jika ingin menggunakan jasa ojek cuma ditempuh dalam 5 menit dari dermaga.

Di Pantai Jati turis biasanya menikmati pemandangan alam bawah laut dengan snorkeling di sekitar bibir pantai. Pilihan lain adalah bersantai sambil menikmati matahari terbenam.

3. Air Terjun Pujujurung

Ini salah satu surga kecil yang tersembunyi di tengah hutan tropis Mentawai, Air terjun Pujujurung di Desa Goiso Oinan. Kita tinggal naik ojek dari Dermaga Tuapeijat, melewati Jalan Raya Tuapeijat hingga ke Desa Goiso Oinan sekitar 1 jam perjalanan.

Air Terjun ini hanya berjarak 100 meter dari jalan raya. Jadi, dengan berjalan kaki hanya butuh waktu 5 menit. Selama berjalan nikmatilah kesegaran udara hutan tropis dengan pohon-pohon yang tinggi. Kicauan burung akan menemani sepanjang jalan ini.

Baca juga: Pulau Mursala Nan Eksotis!! Film Hollywood Pernah Syuting Disini, Lho…

Air Terjun Pujujurung mengalir deras dari atas tebing batu, suasana di sekitarnya sangat alami. Kupu-kupu dan burung beterbangan di sekitarnya. Anda bebas memilih, ingin menikmati kesejukan air terjun dengan mandi atau sekedar merendam kaki.

4. Taman Patung Sikerei

Sikerei adalah tokoh penting dalah kehidupan tradisional di Mentawai. Karena itu ada Taman Patung Sikerei di Tuapeijat. Di taman ini terdapat patung seorang sikerei yang berdiri di atas bola dunia. Tempat ini menarik untuk mengabadikan momen bahwa anda sudah datang ke bumi Sikerei di Mentawai.

Di depan patung Sikerei ini ada bangku untuk bersantai menikmati suasana Tuapeijat. Untuk mencapai lokasi taman ini cukup menggunakan jasa ojek dari Dermaga Tuapeijat dengan jarak tempuh 30 menit.

5. Pantai Mapadeggat

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang indah di Pulau Sipora. Pantai Mapadeggat hanya jarak 6 km dari Dermaga Tuapeijat. Pantainya panjang dengan pasir yang putih. Sangat alami dengan barisan pohon kelapa yang menambah keindahannya.

Di sini kita bisa berenang atau belajar surfing karena ombaknya sangat bagus. Salah satu ombak surfing yang terkenal ada di Pantai Mapadeggat yaitu ombak Telescope. Banyak pemain surfing yang datang memburu ombak Telescope.

Untuk ke pantai ini kita bisa menyewa ojek atau naik minibus untuk penumpang umum dengan jarak tempuh hanya 15 menit dari dermaga.

6. Pulau Umat Siteu

Pulau ini berada tepat di depan Dermaga Tuapeijat. Jaraknya sangat dekat. Kita bisa naik boat dari dermaga menuju Pulau Umit Siteu dalam waktu 5 menit.

Pulau Umat Siteu sangat unik. Saat sampai di depan pulau kita bisa terus masuk ke labirin mangrove yang tumbuh berkelompok seperti pulau-pulau kecil. Air lautnya sangat jernih dan tenang berwarna biru muda. Di dalamnya terlihat jelas terumbu karang otak nampak bulat-bulat di dalam air.

7. Pulau Awera

Pulau Awera dalam bahasa Mentawai disebut Pulau Putotogat. Pulau Awera memiliki pantai dengan hamparan pasir yang putih yang luas.Sementara airlautnya berwarna biru toska dan sangat jernih.

Bahkan ada bagian pantai di Pulau Awera menjelma menjadi pulau pasir saat air sedang pasang. Banyak burung-burung yang terlihat mencari ikan di saat air laut sedang pasang.

Karena airnya cukup tenang, di sini pelancong bisa berenang, snorkeling dan diving. Sorenya anda bisa menikmati matahari terbenam.

Di Pulau Awera terdapat beberapa resort yang sering menerima wisatawan asing. Di depan Pulau Awera terdapat dua pulau lainnya, yaitu Pulau Simakakang dan Pulau Siburu (Pulau Panjang).

Untuk penyuka surfing, anda bisa menikmati indahnya ombak teleskop. Spot-spot ombak terbaik lainnya adalah Iceland, Bintang, dan Scarecrows.

  
Back to top button