WhatsApp Ancam Tindakan Hukum bagi Penyalahguna Platformnya

WhatsApp saat ini sudah menjadi layanan perpesanan lintas platform terpopuler di seluruh dunia. Perusahaan milik Facebook itu kini menghadapi berbagai tantangan tersendiri.

Perusahaan harus mengambil beberapa langkah untuk memastikan bahwa platformnya tidak disalahgunakan dan tidak digunakan untuk penyebaran informasi yang salah.

WhatsApp memberi ancaman tindakan hukum terhadap bahkan mereka yang hanya mengklaim bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menyalahgunakan platformnya karena banyak perusahaan telah muncul yang mengklaim dapat melakukan hal itu.

WhatsApp baru-baru ini melarang pengguna yang menjalankan versi modifikasi dari aplikasinya dan melakukan banned jutaan akun tiap bulan untuk melawan spam.

Bahkan membatasi pengiriman teks untuk mencegah berita palsu menyebar cepat di platformnya. Namun, laporan menjelang pemilihan umum baru-baru ini di India mengungkapkan bahwa klon WhatsApp dan perangkat lunak yang dimodifikasi masih digunakan untuk melewati pembatasan layanan anti-spam.

Pemasar digital telah menawarkan layanan seperti pengiriman massal pesan WhatsApp di pasar seperti India, Nigeria, dan Indonesia.

Beberapa perusahaan di India bahkan membiarkan orang mengirim pesan massal di WhatsApp dari nomor anonim melalui situs web.

WhatsApp sekali lagi memperingatkan untuk mengambil tindakan hukum terhadap perusahaan-perusahaan tersebut, bahkan mereka yang hanya mengklaim bahwa mereka memiliki kemampuan untuk melewati batasan anti-spam.

Namun, itu belum memberikan banyak kejelasan tentang jenis tindakan hukum yang akan diambil oleh WhatsApp. (**)

Tags
  

Related Articles

Back to top button
Close